Loading...
world-news

MOTIVASI

TIPS SUKSES DAPAT BEASISWA

hallo teman-teman semuanya siapa nih yang ingin dapat beasiswa. Tapi kalian belum tau nih ya cara nya. kira-kira gimana  ya caranya untuk dapat beasiswa. Yuk ikutin tips berikut ini

a.      Memiliki tekad yang kuat

Cara mendapatkan beasiswa yang pertama adalah  tekad yang kuat. Dapat dikatakan bahwa ini adalah modal  dasar yang harus dimiliki setiap orang jika ingin mewujudkan impiannya. Tanam diri kamu untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan.

b.      Cari informasi program beasiswa

Cari informasi program beasiswa yang kamu incar menanyakan tentang sekolah atau kampus. Sekolah atau kampus biasanya memiliki banyak link ke lembaga pendidikan yang menawarkan beasiswa kuliah gratis yang bisa kamu coba.

c.       Pahami jenis beasiswa

Berbagai institusi yang biasanya menawarkan beasiswa bervariasi dari pemerintah, perusahaan, dan lembaga pendidikan. Secara umum jenis beasiswa banyak sekali, mulai dari beasiswa pemerintah seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP Perguruan Tinggi) dan Bidikmisi.

d.      Pilih universitas tujuan

Kamu harus tahu universitas mana yang akan kamu tuju. Kamu harus serius mempertimbangkan pilihan ini dan tidak membiarkan diri kamu memilih departemen yang salah, karena itu akan sia-sia dan membuang-buang waktu. Jika kamu sudah memutuskan universitas dan jurusan apa yang akan kamu pilih, yang harus kamu lakukan hanyalah riset tentang penerimaan beasiswa di universitas tersebut.

e.      Penuhi persyaratan beasiswa

Setelah kamu memutuskan jenis beasiswa yang akan diambil, kamu harus memenuhi persyaratan untuk menerimanya. Untuk mencapai tujuan dan memudahkan proses seleksi, penyedia beasiswa perguruan tinggi biasanya menawarkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh semua pelamar.

f.       Siapkan portofolio

Salah satu persyaratan yang biasanya diminta oleh penyelenggara beasiswa adalah portofolio calon pelamar. Sebagai syarat penerimaan beasiswa, kamu bisa menyiapkan portofolio dan CV. Portofolio dan paket CV yang baik dapat memengaruhi hasil.

g.      Tingkatkan prestasi selama di sekolah

Cara mendapatkan beasiswa kuliah adalah dengan meningkatkan prestasi di sekolah. Ini karena sebagian besar  beasiswa kuliah adalah beasiswa prestasi. Kamu benar-benar perlu mempertahankan prestasi akademik dan prestasi non-akademik jika kamu ingin beasiswa jenis ini menjadi salah satu tujuanmu

Baca Juga