Loading...
world-news

BERITA KAMPUS

Sekolah Kedinasan Tanpa Dipungut Biaya dan Lulusannya Langsung Jadi PNS

Dalam mencari jalur pendidikan yang memberikan peluang untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) tanpa dipungut biaya, sekolah kedinasan menjadi salah satu pilihan menarik. Artikel ini akan membahas beberapa sekolah kedinasan yang tidak membebankan biaya pendidikan dan memiliki kebijakan penempatan lulusan sebagai PNS. Simak informasi berikut ya!

a.    Politeknik Statistika

Politeknik Statistika STIS, bernaung di bawah BPS sejak 1958, menawarkan prodi D3 dan D4 Statistika serta D4 Komputasi Statistik. Lulusan D3 langsung menjadi CASN golongan II/C di BPS, sementara lulusan D4 CASN golongan III/A bisa ditempatkan di berbagai instansi di seluruh Indonesia.

b.    Sekolah Tinggi Intelijen Negara

STIN, milik BIN, memberikan pendidikan intelijen gratis dengan prodi S1 seperti Agen Intelijen dan program pascasarjana S2 dan S3. Taruna taruni STIN dipersiapkan sebagai personal intelijen negara untuk melaksanakan tugas intelijen secara tepat, cepat, dan akurat.

c.     Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika

STMKG milik BMKG menawarkan sekolah gratis dan keuntungan berupa pengangkatan sebagai ASN golongan 3A serta pelatihan semi militer untuk meningkatkan kedisiplinan. Program studinya mencakup D4 Meteorologi, Klimatologi, Geofisika, dan Instrumentasi.

d.    Institut Pemerintahan Dalam Negeri

IPDN adala sekolah kedinasan di bawah Kemendagri juga banyak diminati setiap tahunnya karena berbagai keuntungan yang ditawarkan, seperti tiga fakultas dan kampus di berbagai lokasi di Indonesia. Setelah lulus, praja IPDN dapat menjadi PNS di pemerintahan, baik di kementerian maupun pemerintah daerah.

e.    Politeknik Keuangan Negara

STAN yaitu sekolah kedinasan di bawah Kemenkeu adalah sekolah kedinasan paling diminati karena menawarkan sekolah gratis dan peluang menjadi CPNS di Kemenkeu. Program diploma STAN bertujuan menghasilkan ahli keuangan negara dengan keahlian di bidang akuntansi, perpajakan, pajak bumi dan bangunan, kebendaharaan negara, serta kepabean dan cukai.

Baca Juga