Loading...
world-news

BERITA KAMPUS

Kecurigaan Netizen Terkait Gelar Doktor Raffi Ahmad, UIPM Langsung Klarifikasi

Belum lama ini sedang heboh berita Raffi Ahmad yang mendapat gelar Doktor dari UIPM. Namun, bukannya menuai pujian, ternyata gelar yang didapat Raffi tersebut justru menuai cibiran karena terdapat keanehan pada kampus pemberi gelar Doktor tersebut. Berikut kecurigaan dan keanehan yang ditemukan oleh netizen-netizen terkait kampus atau universitas pemberi gelar Doktor tersebut:

1. Ternyata Kampus Tersebut adalah Hotel

Menurut akun X @IbrahimNiar yang menelusuri lokasi kampus UIPM di Bangkok, pemilik akun menemukan bahwa alamat kampus tersebut adalah sebuah hotel. WNI yang di Bangkok tersebut bahkan lengkap menunjukkan foto dan cara menuju lokasi 'kampus'.

2. Cabang dari Kampus Tersebut Ternyata Penyedia Sewa Ruangan

Akun X @vincentstefs sebagai warga Bekasi juga ikut menelusuri lokasi kampus. Ternyata lokasi yang tertulis bukan lah kampus, melainkan penyedia ruangan untuk perihal penyewaan kantor kecil atau sewa ruangan meeting.

3. Pendaftaran Melalui Google Form

Netizen juga menemukan bahwa pendaftaran untuk masuk ke kampus tersebut menggunakan Google Form. Google Form tersebut juga "menawarkan" gelar kepada para mahasiswa barunya. Di laman tersebut juga tersedia nomor WhatsApp untuk dihubungi.

Klarifikasi UIPM

Melalui Instagram @uipmun membagikan surat klarifikasi dari lawyer mereka pada Senin (30/9/2024). Berikut klasifikasinya:

1. Membenarkan jika lokasi kampus UIPM memiliki kantor di Bangkok, Bekasi dan Rusia.

2. Pihaknya juga membenarkan bahwa lokasi yang berada di Bekasi memang bukan kampus.

3. Lokasi di Bangkok juga bukan kampus karena UIPM murni 100% Online Learning dan mengklaim bahwa sebagai Perguruan Tinggi Online tidak memerlukan kampus real.

4. UIPM menyebutkan bahwa gelar Rafi Ahmad diakui secara sah oleh QAHE (Quality Assurance Higher Education) sebagai Lembaga Akreditasi Internasional.

5. UIPM adalah pendidikan Tinggi dengan format Pendidikan Jarak Jauh dan menggunakan sistem full 100% Online Learning, Virtual Campus atau non real campus.

Sumber: Liputan6

Baca Juga