Loading...
world-news

SEPUTAR KULIAH

FAKTA SEPUTAR JURUSAN TEKNIK SIPIL

Hay sobat pejuang PTN, Teknik sipil adalah salah satu cabang ilmu Teknik yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, merenovasi tidak hanya gedung dan infrastruktur tetapi juga mencakup lingkungan untuk kemaslahatan hidup manusia. Teknik sipil mempunyai ruang lingkup yang luas, di dalamnya pengetahuan Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Geologi, Lingkungan hingga Komputer mempunyai peranannya masing-masing. Teknik sipil dikembangkan sejalan dengan tingkat kebutuhan manusia dan pergerakannya, hingga bisa dikatakan ilmu ini bisa mengubah sebuah hutan menjadi kota besar. Tapi kalian tau tidak mengenai fakta seputar jurusan ini yuk kita simak.

a.      Belajar infrastruktur secara luas

Selama kuliah, mahasiswa teknik sipil akan diajarkan untuk membangun bangunan dan infrastruktur yang tahan lama dan tahan terhadap berbagai elemen alam. Infrastruktur tersebut meliputi jalan tol, jembatan, rel kereta api, pelabuhan, bandara, gedung bertingkat, sanitasi perkotaan, sarana transportasi, dan lain-lain.

b.      Punya peranan penting dalam membangun negara

Secara ekonomi, ketersediaan layanan infrastruktur dapat mempengaruhi produktivitas marjinal modal swasta. Artinya, dengan adanya pelayanan dan infrastruktur yang baik di suatu daerah berdampak signifikan terhadap peningkatan perekonomian dan produktivitas masyarakat.

c.       Prospek kerja sangat luas

Jurusan Teknik Sipil mempunyai cakupan pembelajaran antara lain struktural, geoteknik, manajemen konstruksi, rekayasa pengairan, transportasi, dan lain-lain. Apabila dilihat dari perekonomian negara Indonesia yang masih berkembang, pembangunan terus berlangsung dalam jangka panjang.

d.      Memahami tentang dampak pembangunan

Pada jurusan ini, kamu juga diminta untuk memahami dampak pembangunan terhadap lingkungan. Hal ini dijelaskan pada mata kuliah Hidrologi, Pengelolaan Sumber Daya Air, Drainase dan Sanitasi Lingkungan, Mekanika Tanah, Irigasi dan Plumbing, Sanitasi dan Teknik  Lingkungan, Mekanikal Pemindahan Tanah  dan  sebagainya.

Baca Juga