Loading...
world-news

GENERAL

Ciri-ciri kamu cocok kuliah jurusan psikologi

Jurusan Psikologi ini merupakan salah satu jurusaan incaran calon mahasiswa. Bagi siswa yang masih merasa bingung dan bimbang mau memilih jurusan kuliah, yuk cermati ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan psikologi!

a)      Memiliki kecerdasan emosi yang bagus

Kecerdasan emosi adalah kemampuan seseorang memahami emosi diri sendiri maupun orang lain. Karena jurusan psikologi adalah ilmu yang mempelajari karakteristik sifat manusia. Sehingga penting bagi mahasiswa psikolog mampu memahami emosi klien dengan baik.

b)      Berpikir secara kritis

Dalam kode etik psikolog, tidak boleh membeda-bedakan latar belakang klien berdasarkan suku, agama, ras, maupun kelas ekonomi. Psikolog wajib bersikap netral. Selain itu, dengan bersikap netral, psikolog dapat memberikan penilaian sekaligus solusi secara tepat.

c)      Senang mengamati

Sebagai seorang pengamat, diperlukan sifat yang peka, detail, dan tentunya harus bersikap netral. Sehingga lulusan jurusan psikologi juga jangan mencampurkan emosi maupun masalah pribadi saat sedang mekukan observasi. Ini akan memberikan pengaruh terhadap hasil pengamatan.

d)      Suka berinteraksi dengan orang lain

Seorang yang suka berinteraksi dengan orang lain dan senang berinteraksi dengan orang lain menjadi salah satu ciri-ciri bahwa kamu cocok kuliah di jurusan psikologi. Mahasiswa psikologi wajib mampu berkomunikasi dan menjalin relasi dengan baik. Kemampuan ini digunakan saat melakukan proses wawancara, konseling, dan lainnya.

Baca Juga