commercial@masuk-ptn.com +62 823-3128-6200

Siapa bilang lulusan SMK gabisa kuliah dan lolos snmptn ?

Assalamualaikum wr wb, Perkenalkan nama saya Nur Faizi. Alhamdulillah saat ini saya telah lulus dari smk di daerah jakarta barat dan alhamdulillah saya pun sudah resmi diterima di Universitas Negeri Jakarta prodi pendidikan bisnis melalui jalur snmptn 2018.

 

Semua berawal dari kegagalan di kelas 7 dan 8 yang membuat saya termotivasi untuk berfikir ttg apa yg akan saya lakukan di kemudian hari. Di smp saya tergolong murid yg biasa saja bahkan sgt buruk di beberapa pelajaran bahkan hampir setiap ulangan harian saya selalu remedial di mata pelajaran tertentu. Di kelas 9 saya berusaha berfikir jalur hidup apa yg saya ambil ke depannya, kuliah kah atau kerja. Saat itu jg saya langsung mencari tau ttg dunia perkuliahan dan dunia kerja. Saya telah mengambil keputusan utk lanjut dan bisa kuliah di salah satu univ negeri di indonesia. Ketika itu kampus yg saya tau hanya UNJ dan jalur masuk ptn yg saya tau hanya Sbmptn. Saya jg sudah mengambil keputusan utk melanjutkan studi saya ke Sma bukan ke Smk. Krn yg saya tau kalo masuk smk itu sulit utk kuliah apalagi keterima di ptn.

 

Namun, nasib saya kurang beruntung bila dibandingkan dgn teman2 saya yg lain. Saya tdk diterima di Sma pilihan saya padahal waktu itu nem saya sedang2 saja. Jalur umum dan jalur lokal semuanya sudah saya coba utk bisa masuk di sma tsb tp finally semuanya gagal. Akhirnya saya mencoba utk daftar di smk pada tahap 2 krn saya tdk ingin memberatkan org tua saya krn apabila saya masuk swasta pasti akan semakin membebani mereka. Akhirnya saya pun diterima di smkn 9 jakarta dgn sgt beruntung. Kenapa beruntung ? Krn pada waktu itu saya bisa memastikan bahwa saya diterima di sekolah tsb tepat 5 detik sebelum pengumuman tahap 2. Saya daftar awalnya di jurusan AP smk 9 tepat 10 menit sebelum pengumuman tahap 2 dan 7 menit kemudian nama saya kelempar dri 3 pilihan di smk 9 maupun smk 17. Waktu tinggal 3 menit dan akhirnya saya memutuskan utk ngambil jurusan PM di smkn 9. Nama saya baru terdaftar pada saat itu saat menit menunjukkan jam 13.59.55 ya tepat 5 detik sebelum pengumuma tahap 2. Lagi-lagi dgn jenjang dan jurusan yg sgt saya tdk sukai.

Tapi ada rasa bersyukur krn akhirnya saya tdk terlalu membebankan org tua saya dgn hasil ini. 

 

Hari demi hari pun berlalu dan saya pun mulai merasakan mopdb. Sulit bagi saya utk menerima keputusan ini krn saya harus mengubur mimpi saya dalam2 utk bisa kuliah di ptn. Krn katanya Smk itu dibimbing utk bisa langsung kerja bukan utk kuliah dan betapa menyesal sekali saya waktu itu. Ada org yg mengatakan kepada saya waktu itu kalo saya gapunya masa depan yg cerah krn saya sama saja spt anak2 seusia saya di daerah saya tinggal hanya masuk smk dgn jurusan yg bisa dibilang paling bawah diantara jurusan lain. Semakin lama terus berlanjut ucapan itu dgn semakin banyak org yg merendahkan saya. Saya berusaha utk tdk terpengaruh dgn ucapan mereka dan saya berusaha utk menjadikan itu sbg motivasi utk saya. Namun, lagi2 saya tdk suka dan berkeinginan utk pindah sekolah ke Sma pada sem-1 kelas 10. Tapi tak bisa krn terhalang oleh peraturan dan aturan lainnya. Ditengah2 keputusasaan saya ada guru di sekolah saya yg menceritakan alumni berprestasi dri smk saya tsb. Alumni tsb sama spt saya jurusan PM dan memang tdk ada niatan utk masuk Smk apalagi PM. Tp kisah lulus nya ke UNJ membuat saya termotivasi. Jikalau dia saja bisa tentu saya pasti bisa. Akhirnya saya mulai belajar mencintai sekolah ini dan belajar menerima semua keputusan Allah ini dan saya akan berusaha semaksimal mungkin utk bisa kuliah di ptn.

 

Beruntungnya saya krn saat itu baru kelas 10 sem-2 dan alhamdulillah di sem-1 pun saya cukup berprestasi di kelas akhirnya saya semakin bersemangat dan mengikuti semua kegiatan yg dpt memicu motivasi tersendiri dalam diri saya, OSIS salah satunya. Saya berusaha aktif dalam organisasi dan alhamduillah beberapa kali dipercaya utk mengikuti seminar baik yg bersifat provinsi maupun nasional, dan saya jg dipercaya utk mengikuti lomba baik lomba ekonomi, bahasa, maupun lomba Kaizen smk waktu itu. Dan prestasi saya dikelas pun cukup stabil krn alhamdulillah selalu menjadi yg terbaik di tiap semesternya. Ini tentu jdi peluang besar bagi saya utk bisa mengejar ptn. Disamping itu saya berusaha utk mencari tau lebih detail ttg dunia perkuliahan, jalur masuk, universitas, tips dan trik lolos snmptn, cara menjawab soal pda sbmptn dan masih banyak lagi. Banyak sekali ilmu yg saya dpt dri hasil kegiatan tsb dan itu membuat saya semakin termotivasi utk sukses dan masuk ptn. Tiba saatnya dikelas 12 ketika teman2 saya baru memikirkan mau kmn dan jdi apa mereka selanjutnya, saya sdh memutuskan kmn jalan saya ke depannya, saat mereka sibuk mencari tau ttg perkuliahan, saya sdh berkelana kmn2 utk mengikuti tes beasiswa dan to sbmptn. Alhamdulillah semuanya berkat org2 terdekat saya yg selalu memberikan motivasi berlebih bagi diri saya.

 

Tiba saatnya pengumuman 50% siswa terbaik di sekolah saya yg bisa mengikuti snmptn 2018. Dan alhamdulillah hal baik berpihak pada diri saya, saya bisa mengikuti snmptn 2018. Saya mulai menjalankan tips dan trik utk lolos snmptn berbekal ilmu yg sdh saya dpt kan. Teman2 saya masih sibuk utk mencari info ttg kuliah dan jurusan yg mereka inginkan, namun saya sdh memantapkan hati saya utk memilih ptn dan jurusan yg saya minati dan tentunya ada peluang di dalamnya. Dgn ucapan bismillah saya klik tombol OK utk mendaftarkan diri di snmptn. Hari demi hari berlalu dan tibalah waktu yg ditunggu2, 17 April 2018 pukul 17.00. Notif wa perlahan berbunyi dan ternyata sdh ramai di grup kelas saya ttg siapa yg lolos snmptn. Semua mengatakan tdk lolos dan mereka tdk yakin akan lolos. Saya belum membuka hasilnya krn saya berusaha utk menenangkan hati saya utk menerima apapun hasil yg nnt akan saya terima. Akhirnya saya berani utk membuka web pengumuman dan perlahan memasukan no pendaftaran dan tgl lahir. Tangan saya sgt gemetar dan beberapa kali server error dgn sabar saya menunggu dan akhirnya muncul notif hijau dengan tulisan "Selamat Anda Dinyatakan Lulus SNMPTN 2018". Tangisan saya tdk terbendung waktu itu dan saya panggil kedua org tua saya kemudian memeluk mereka dgn erat. Tangisan bahagia dan bangga mereka pun pecah saat itu jg melihat anaknya dpt menggapai mimpinya. Saya spt tdk percaya dgn hasilnya dan masyaAllah, Allah bukakan jalan utk saya meraih masa depan yg lebih baik. Dan saya sdh buktikan dgn optimis yg kuat serta kerja keras semuanya akan bisa diraih. Inilah pembuktian saya bahwa lulusan smk bahkan ketika dirimu direndahkan sekalipun masih ada mimpi yg gaakan membuatmu menjadi rendah.

 

Semangat utk para anak smk yg mendambakan bisa kuliah di ptn. Semoga membuat kalian semakin termotivasi bahwa kalian bisa dan kalian mampu. Buktikanlah bahwa Smk pun bisa berprestasi.

Akhir kata, Wassalamualaikum wr wb.

 

Data diri Relawan Masuk PTN
Data Diri Pribadi :

Nama : Nur Faizi

Asal Sekolah : SMK Negeri 9 Jakarta

Universitas : Universitas Negeri Jakarta

Prodi : Pendidikan Bisnis

Jalur Masuk : SNMPTN 2018

 

Masuk PTN - Portal Informasi Masuk Perguruan Tinggi

Catatan : Kamu bisa mengirimkan tulisan perjuangan Masuk PTN,

kisah inspiratif kalian melalui email di lolosptn@gmail.com

Dilengkapi dengan data diri, gambar/foto juga ya😉

Yuk follow instagram.com/masukptn

Subscribe youtube.com/c/masukptn