Loading...
world-news

TIPS BELAJAR

Tips Memilih Jurusan Terbaik

Salah satu keputusan penting yang harus diambil saat ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi adalah memilih jurusan kuliah. Memilih jurusan yang tepat akan menjadi fondasi bagi perkembangan karir di masa depan. Namun, dengan berbagai pilihan jurusan yang ada, seringkali para calon mahasiswa merasa kebingungan dalam menentukan jurusan yang sesuai dengan minat, bakat, dan prospek kerja di masa mendatang. Berikut ini beberapa tips untuk memilih jurusan terbaik:


1. Tentukan Bidang Ilmu yang Ingin Ditekuni

Coba Kamu explore bidang apa yang membuatmu merasa tertantang, merasa penasaran, memicu 'sense of wonder', serta membuatmu ingin banget mendalami hal itu sampai jadi seorang expert.

 

2. Tentukan Jurusan Sesuai Bidang Ilmu yang Dipilih

Sebelum menentukan, Kamu juga bisa mencari tahu sedetail-detailnya tentang setiap jurusan, seperti apa aja yang dipelajari dan mana yang paling Kamu suka. Kalau udah yakin, saatnya 'tentukan pilihanmu!".

 

3. Mencari Tau PTN yang Menawarkan Prodi Itu

Kamu bisa mencari info mengenai PTN PTN apa saja yang menawarkan program studi sesuai minat dan bakat Kamu di internet atau laman resmi milik PTN atau bisa juga mencari tau dari mahasiswa yang berkuliah di PTN tersebut.

 

4. Tentukan Jalur Seleksi yang Akan Ditempuh

Secara umum, jalur penerimaan calon mahasiswa di Indonesia, terbagi menjadi 3 jalur utama, yaitu: SNBP, SNBT, dan Mandiri. Kamu bisa memilih salah satu jalur tersebut.

 

5. Lihat Tingkat Persaingan Prodi yang Diminati

Cara melihat sekaligus menentukan tingkat persaingan bisa berdasarkan passing grade, daya tampung, ranking universitas, atau bisa juga berdasarkan lokasi universitas yang paling dekat dengan rumah.

 

6. Optimalkan Peluang Diterima di Setiap Jalur Seleksi

Cara masuk universitas negeri itu beragam tapi meskipun banyak jalurnya, bukan berarti hal ini mudah. Jangan terlalu menggantungkan nasib SNBP, Kamu bisa mulai latihan SNBT lebih awal.

Baca Juga