Loading...
world-news

BERITA KAMPUS

Macam-Macam Organisasi di Kampus

Organisasi kampus adalah organisasi mahasiswa di dalam kampus atau universitas. Organisasi ini diperkenalkan pada mahasiswa baru saat PKKMB. Ada berbagai jenis organisasi intra kampus seperti organisasi jurusan, fakultas, dan universitas.

a.      Himpunan mahasiswa jurusan

HMJ merupakan organisasi pertama yang ditemui dalam lingkungan perkuliahan. Organisasi ini berada di tingkat jurusan/program studi dan berfungsi sebagai kegiatan ekstrakurikuler. Selain itu, HMJ juga berperan sebagai lembaga advokasi bagi mahasiswa dalam hal masalah akademis dan kemahasiswaan. Dalam HMJ, kamu akan mengikuti berbagai program kerja untuk mengembangkan potensi, pola pikir, dan kepribadian sebagai mahasiswa.

b.      Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)

BEM adalah organisasi mahasiswa yang terdiri dari BEM fakultas dan BEM universitas. BEM bertugas sebagai perwakilan mahasiswa dan mengurus kepentingan mahasiswa di tingkat fakultas dan universitas. Mereka juga berperan sebagai agen perubahan, pengawas sosial, fasilitator, perwakilan, dan membangun integritas di lingkungan kampus. Anggota BEM fakultas merupakan perwakilan jurusan di fakultas, sementara anggota BEM universitas adalah perwakilan dari setiap fakultas.

c.       Senat Mahasiswa

Senat Mahasiswa adalah lembaga legislatif dan perwakilan mahasiswa tertinggi di tingkat universitas. Tujuannya adalah meningkatkan disiplin belajar, melaksanakan program tri dharma perguruan tinggi, dan membina perilaku mahasiswa sesuai dengan norma. Peran Senat Mahasiswa berbeda dengan BEM, dengan fokus pada pengawasan, anggaran, dan legislasi.

d.      Unit Kegiatan Mahasiswa

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah organisasi intra kampus yang memberikan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan minat, hobi, kegiatan, dan kreativitas mereka. UKM serupa dengan ekstrakurikuler di sekolah. Terdapat berbagai macam UKM yang dapat dipilih, seperti olahraga, seni musik, tari, teater, paduan suara, penalaran, film, fotografi, pers, radio, debat, dan banyak lagi. Mahasiswa bahkan dapat menjadi anggota lebih dari satu UKM. UKM dapat ditemukan di tingkat universitas maupun tingkat fakultas.

Baca Juga