Loading...
world-news

MOTIVASI

Skill yang harus dikembangkan sebelum mulai kuliah

Skill dan Kemampuan beda atau sama nih? daripada bingung yuk pahami dari 2 arti kata tersebut kemampuan (ability) berarti kapasitas seseorang untuk melakukan beragam tugas dalam suatu pekerjaan. keterampilan (skill) adalah kemampuan seseorang dalam mengoperasikan pekerjaan secara lebih mudah dan tepat. dan terkhusunya untuk para maba yang ingin masuk di PTN kalian wajib mengembangkan skill kalian nih. Kira-kira skill apa aja ya yuk kalian simak.

a.      Kemampuan menulis

Kemampuan menulis menjadi skill penting saat kuliah, terutama dalam mengerjakan tugas seperti makalah, laporan, resume, dan skripsi. Detikers dapat mengembangkan keterampilan menulis dengan menulis hal-hal sederhana sehari-hari atau ulasan buku. Konsistensi dalam berlatih juga akan meningkatkan kemampuan menulis.

b.      Public Speaking

Mahasiswa perlu memiliki keterampilan public speaking karena sering melakukan presentasi di depan kelas. Dengan menguasai keterampilan tersebut, mereka tidak akan merasa grogi saat presentasi. Berlatihlah dengan intonasi yang tepat dan perbaiki kekurangan seperti berbicara terlalu cepat atau terlalu pelan. Tingkat kepercayaan diri akan meningkat seiring dengan kemahiran berbicara.

c.       Kemampuan computer dasar

Mahasiswa perlu menguasai aplikasi komputer dasar seperti Microsoft Office Word, Excel, dan Power Point selama perkuliahan. Pengerjaan tugas sekarang lebih sering dilakukan secara digital daripada menggunakan alat tulis konvensional. Kemampuan ini tidak hanya membantu dalam proses belajar, tetapi juga berguna di dunia kerja.

d.      Bekerja dalam tim

Ketika kuliah, detikers akan bertemu dengan banyak teman baru. Meskipun memiliki berbagai keterampilan, kemampuan bekerja dalam tim tetap penting untuk berkoordinasi dengan baik. Hal ini dapat dilakukan dengan menjadi pendengar yang baik, menerima pendapat orang lain, menerima kritik dengan baik, dan menjaga diri agar tidak mudah tersinggung.

 

Baca Juga