Loading...
world-news

SEPUTAR KULIAH

Pahami Ketentuan Terbaru Jalur SNBP dan SNBT Tahun 2024

Dalam upaya meningkatkan transparansi dan pelayanan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah mengumumkan serangkaian perubahan signifikan pada jalur Seleksi Nasional Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SNBP) dan Seleksi Nasional Bidikmisi (SNBT) tahun 2024. Artikel ini bertujuan untuk menyajikan pemahaman mendalam terhadap perubahan tersebut, memberikan panduan bagi calon mahasiswa dalam mempersiapkan diri menghadapi proses seleksi yang akan datang. Simaklah informasi selengkapnya untuk memastikan bahwa langkah persiapan Anda berada pada jalur yang benar.

a.    Ketentuan Jalur SNBP 2024

Ketentuan Umum:

-       SNBP dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor serta prestasi akademik dan non akademik siswa. Prestasi akademik maupun non akademik siswa yang dinilai adalah tiga prestasi terbaik.

-       Sekolah yang mengikutkan siswanya dalam SNBP harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan rapor siswa yang eligible di PDSS dengan lengkap dan benar.

-       Sekolah harus memiliki Akun SNPMB Sekolah untuk pengisian PDSS dan siswa harus memiliki Akun SNPMB Siswa untuk pendaftaran SNBP. Registrasi Akun SNPMB Sekolah dan registrasi Akun SNPMB Siswa dilakukan di portal SNPMB.

 

Ketentuan Tambahan:

-       Siswa yang lulus SNBP 2024, SNBP 2023, dan SNMPTN 2022 tidak bisa mendaftar SNBT 2024. Dan yang lulus SNBP 2024 tidak dapat mendaftar seleksi jalur Mandiri di PTN manapun.

 

b.    Ketentuan Jalur SNBT 2024

Ketentuan Umum:

-       Peserta SNBT hanya diperbolehkan mengikuti UTBK 2024 sebanyak satu kali.

-       Hasil UTBK 2024 hanya berlaku untuk mengikuti SNBT dan penerimaan di PTN tahun 2024.

-       Seleksi Jalur SNBT 2024 berdasarkan hasil UTBK 2024 dan portofolio bagi peserta yang memilih program studi seni dan/atau olahraga.

 

Ketentuan Tambahan:

-       Siswa yang telah dinyatakan lulus seleksi jalur SNBP 2024, SNBP 2023 dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 tidak dapat mendaftar SNBT 2024.

-       Siswa yang dinyatakan lulus seleksi jalur SNBP 2024 tidak dapat mendaftar seleksi jalur Mandiri di PTN manapun.

-       Peserta yang dinyatakan lulus melalui jalur SNBT 2024 dan telah daftar ulang atau registrasi di PTN yang dituju tidak dapat diterima pada seleksi Jalur Mandiri 2024 di PTN manapun.

Baca Juga