Loading...
world-news

MOTIVASI

ORANG CERDAS TEMANNYA SEDIKIT, EMANG IYA?

Sebuah penelitian tahun 2016 oleh Satoshi Kanazawa dan Norman Li, psikolog evolusioner di Inggris, menunjukkan bahwa orang yang sangat cerdas cenderung lebih suka menyendiri dan justru merasa kurang puas ketika sering kali bergaul dengan teman-teman. Lalu apa alasannya ya?

a)      Selektif dalam memilih teman

Biasanya orang cerdas bukan berarti tidak ingin bergaul dengan orang lain sama sekali. Tapi, mereka sangat menghargai hubungan persahabatan yang kuat dan dalam jangka panjang. Mereka pandai dalam memilih pertemanan dan menjauhi mereka yang membawa dampak buruk. Karena orang cerdas dapat mengetahui jika kualitas pertemanan lebih penting dari pada kuantitas. 

b)      Orang cerdas tidak FOMO

Fear Of Missing Out atau FOMO adalah rasa takut ketinggalan atas hal yang semua orang lakukan. FOMO adalah satu hal yang kurang dimiliki orang cerdas. Seringkali, orang dengan IQ tinggi tidak terlalu tertarik pada obrolan tidak berarti, latah mengikuti tren terkini, atau hal-hal materialistis lainnya. Orang yang cerdas cenderung menghabiskan waktu sendirian dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

c)      Orang cerdas anti drama

Orang cerdas tidak akan peduli dengan hal yang bersifat drama. Jadi, mereka tidak akan terlibat dalam drama apa pun. Pikiran dan waktu mereka sudah penuh dengan banyak hal dan tujuan yang ingin dicapai. Mereka tidak akan membiarkan orang yang dapat menahan tujuan dan mengurangi kecerdasan mereka masuk ke dalam kehidupannya.

d)      Orang cerdas sangat percaya diri

Sering kali, orang cerdas sudah bahagia dan percaya diri dengan diri mereka sendiri. Mereka tidak perlu mencoba membuktikannya kepada orang lain, tidak percaya pada opini publik, serta menolak debat kusir. Semua dukungan yang mereka butuhkan sudah datang dari beberapa teman yang mereka miliki.

e)      fokus pada tujuan jangka Panjang

Dalam sebuah artikel di The Washington Post, Carol Graham, seorang peneliti dari Brookings Institute yang mempelajari ekonomi kebahagiaan, mengatakan bahwa mereka yang memiliki kecerdasan lebih dan kemampuan untuk menggunakannya, lebih kecil kemungkinannya untuk menghabiskan banyak waktu bersosialisasi karena mereka fokus pada tujuan jangka panjang lainnya.

Baca Juga