Loading...
world-news

MOTIVASI

Kelebihan Memilih Jurusan IPS Saat SMA, Apa aja ya?

Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah menengah atas (SMA) sering kali dianggap sebagai pilihan yang tidak sepopuler seperti jurusan sains, namun, memilih IPS memiliki banyak kelebihan yang kadang-kadang terlupakan. Dalam artikel ini, kita akan mengulas beberapa manfaat signifikan dari memilih jurusan IPS selama tahun-tahun SMA Anda.

a.       Mengasah Jiwa Sosial

Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) akan meningkatkan keterampilan sosialmu. Ini karena kamu akan mendapatkan banyak materi tentang isu-isu sosial, interaksi sosial, keterampilan komunikasi, dan topik lainnya seperti yang diajarkan dalam mata pelajaran Sosiologi.

b.       Jarang Ada Materi Hitungan

Berbeda dengan jurusan IPA, di jurusan IPS kamu tidak akan banyak berurusan dengan perhitungan. Sebaliknya, fokusnya lebih pada menghafal dan memahami konsep, seperti Sejarah, Sosiologi, Antropologi, Geografi, dan Ekonomi. Mata pelajaran Ekonomi juga mencakup sedikit perhitungan, seperti biaya peluang, elastisitas permintaan, dan pendapatan nasional.

c.       Paham Sejarah

Sejarah sebagai mata pelajaran di jurusan IPS memiliki banyak manfaat. Kamu akan mendalami sejarah nasional dan internasional, menghargai jasa pahlawan, dan bahkan mengembangkan jiwa kepemimpinan.

d.       Paham Isu-Isu Terkini

Dengan memahami ilmu sosial, kamu akan lebih peka terhadap isu-isu aktual. Misalnya, di mata pelajaran Sosiologi, kamu akan belajar tentang elemen pembentuk masyarakat dan strukturnya, membantu kamu memahami adaptasi masyarakat terhadap perubahan.

e.       Melatih Perpikir Kritis

Di jurusan IPS, kamu akan belajar berpikir kritis, contohnya dalam mata pelajaran Sejarah. Ini membantu kamu mencari sumber informasi valid dan menggabungkan informasi dari berbagai sumber. Kemampuan ini berguna untuk memiliki pandangan luas dan menemukan solusi tepat dalam berbagai situasi.

f.        Peluang Kerja Luas

Memilih Jurusan IPS membuka peluang kerja yang luas, terutama jika kamu melanjutkan studi dan mendapatkan gelar sarjana. Banyak perusahaan mencari individu yang memiliki pengetahuan dalam Ekonomi untuk mengelola manajemen, perpajakan, dan keuangan.

Baca Juga