Loading...
world-news

SEPUTAR KULIAH

Kenapa Sih Jurusan Kedokteran Itu Terkenal Mahal?

Menurut kalian, bener gak sih kuliah di kedokteran itu mahalnya kebangetan? Tak heran kalau peminat jurusan kedokteran rata-rata adalah orang yang berdompet tebal. Banyak juga orang beranggapan jika orang dengan perekonomian menengah kebawah akan susah jika masuk jurusan kedokteran. Mengapa seperti itu? Emang semahal itu jurusan kedokteran?

Beberapa faktor penyebab jurusan kedokteran terbilang mahal:

a.    Banyak praktikum yang harus dikerjakan

Banyak praktikum yang membutuhkan peralatan mahal seperti kadaver dan peralatan laboratorium menjadi salah satu alasan mengapa jurusan kedokteran sangat mahal.

b.    Tahapan untuk menjadi dokter sangat lama

        Sebelum kamu dinyatakan resmi menjadi dokter, ada beberapa tahapan yang harus kamu lewati terlebih dahulu. Hal ini juga yang mengakibatkan biaya kedokteran mahal.

c.     Harga buku relatif mahal

     Karena banyaknya buku kedokteran yang datang dari luar negeri, maka dari itu harga buku untuk mahasiswa jurusan kedokterna sangat mahal. Satu buku bisa mencapai satu juta.

d.    Biaya kompensasi pasien praktek

    Transportasi ke RS dan biaya kompensasi pasien praktek memerlukan biaya tambahan. Pengeluaran untuk kompensasi ini juga menambah biaya kuliah kedokteran.

e.    Alat-alat medis

    Tak lain dan buka saat kamu menjadi mahasiswa kedokteran kamu diwajibkan memiliki beberapa alat medis penunjang praktekmu.

f.      Persaingan yang ketat

        Jurusan kedokteran menjadi salah satu jurusan kuliah yang paling banyak diminati. Tak heran kota jurusan kedokteran selalu penuh. Bahkan marak terjadinya pembelian kursi demi bisa masuk di kedokteran.

Baca Juga