Loading...
world-news

BERITA KAMPUS

Jurusan Kuliah yang Susah Dimasuki Oleh Anak IPS

Dalam menentukan pilihan jurusan kuliah, siswa IPS seringkali dihadapkan pada berbagai pertimbangan, terutama terkait kesesuaian dengan kemampuan dan minat mereka. Artikel ini akan membahas beberapa jurusan kuliah yang secara umum dianggap memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi bagi siswa dengan latar belakang pendidikan IPS. Kira-kira jurusan apa saja ya?

a.    Farmasi

Jurusan farmasi mengkaji pembuatan obat dari sumber alam hingga sintetik untuk pencegahan dan pengobatan penyakit. Profesional farmasi dikenal sebagai ahli obat dengan pemahaman menyeluruh terkait ilmu obat. Masuk ke jurusan ini menuntut pemahaman eksakta, maka dari itu anak IPS tidak disarankan memilih jurusan kuliah ini.

b.    Kedokteran

Jurusan Kedokteran sangat banyak diminati dari tahun ke tahun. Tapi, untuk menjadi mahasiswa kedokteran harus memiliki pengetahuan di bidang IPA yang memumpuni. Maka dari itu tidak disarankan bagi anak IPS untuk mengambil jurusan Kedokteran karna salah satu syarat masuk kedokteran juga harus berasal dari lulusan IPA.

c.    Kimia

Jurusan kimia mempelajari tentang sifat dan transformasi materi mengenai mengenai unsur kimia, senyawa, serta berbagai aspek dalam dunia kimia, mulai dari kimia organik hingga kimia anorganik. Tidak disarankan untuk anak IPS karena fokus pada ilmu eksakta dan matematika tinggi, yang mungkin tidak sesuai dengan minat dan keahlian.

d.    Biologi

Jurusan biologi mempelajari truktur, fungsi, evolusi, dan interaksi makhluk hidup. Ini mencakup pemahaman tentang organisme, ekologi, genetika, dan berbagai aspek ilmu kehidupan. Jurusan kimia tidak disarankan untuk dipilih oleh anak IPS karena lebih menitikberatkan pada ilmu eksakta dan matematika tingkat tinggi.

e.    Teknik

Ada beberapa jurusan teknik yang menyarankan untuk tidak memilih jika berasal dari IPS, karna Jurusan teknik tidak disarankan untuk anak IPS karena lebih fokus pada ilmu eksakta dan matematika, sementara anak IPS cenderung tertarik pada bidang sosial dan humaniora.

Baca Juga