Loading...
world-news

BERITA KAMPUS

Kamu harus tau! Jenis-jenis Ospek di Kampus

Apa itu Ospek?

Ospek merupakan kependekan dari Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus, merupakan acara tahunan yang diikuti oleh mahasiswa baru sebelum memasuki dunia perkuliahan. Ospek bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai kampus, memperkenalkan lingkungan kampus, mengajarkan tata krama, serta memperkenalkan budaya dan fasilitas yang ada di kampus tersebut. Kegiatan ospek sangat penting dilakukan untuk membantu mahasiswa baru beradaptasi dan mengenal lingkungan kampus. Berikut adalah beberapa jenis Ospek yang ada di Kampus antara lain diantaranya :

a.       Ospek Jurusan

Setelah ospek kampus dan fakultas, mahasiswa baru juga mengikuti ospek jurusan. Di sini, mereka mendapatkan pengetahuan lebih mendalam tentang jurusan yang dipilih, termasuk lingkungan, budaya, visi misi, ketua program studi, mata kuliah, prospek karir, dan lainnya. Durasi ospek jurusan bervariasi, tergantung pada kebijakan jurusan dan panitia. Biasanya, ospek jurusan berlangsung selama 3 bulan hingga 1 semester.

b.      Ospek Fakultas

Setelah ospek kampus, mahasiswa baru akan mengikuti ospek fakultas. Ospek ini lebih kecil, hanya diikuti oleh mahasiswa baru di fakultas dengan berbagai jurusan. Tujuannya adalah mengenalkan lingkungan fakultas. Ospek fakultas diorganisir oleh Panitia Ospek Fakultas dan BEM Fakultas. Durasinya bervariasi, ada yang 1 bulan, 3 bulan, bahkan 1 semester.

c.       Ospek Kampus

Ospek kampus adalah kegiatan wajib bagi mahasiswa baru. Di sini mereka akan mendapatkan banyak informasi tentang dunia kampus. Biasanya, ospek akan memperkenalkan UKM, lingkungan kampus, Tri Dharma Perguruan Tinggi, serta jabatan dan tokoh penting di kampus. Ospek kampus diorganisir oleh BEM dan panitia universitas. Durasi ospek bervariasi, umumnya 2-3 hari.

Baca Juga