Loading...
world-news

SEPUTAR KULIAH

HAL PENTING MEMILIH JUDUL SKRIPSI. JANGAN LUPA DICATAT YA!

Saat kalian udah berada semester tua atau semester akhir kalian akan menghadapai dengan yang namanya skripsi. Sebelum kalian membuat skripsi kalian harus bisa menentukan judul skripsi terlebih dahulu. Untuk membuat judul skripsi apa saja sih kira-kira yang harus diperhatikan saat memilih atau membuat judul skripsi. Berikut adalah hal yang harus kalian perhatiakn untuk mebuat judul skripsi.

-         Pastikan bahwa kamu setidaknya menguasai topik yang kamu angkat

Memilih judul yang kamu kuasai dan membuatmu tertarik setidaknya bisa menjadi motivasi awal untuk bisa mengerjakannya. Karena kamu menguasainya, kamu tertarik memecahkan masalah yang kamu angkat. Selain itu, jika kamu setidaknya menguasai judul yang kamu angkat, sudah ada gambaran awal mengenai apa yang kamu harus lakukan dengan judul itu. 

-         Periksa kemiripan judul yang kamu pilih

Memilih judul skripsi juga diperlukan kehati-hatian. Terkadang judulmu akan ditolak karena sudah banyak yang mengangkat permasalahan yang sama, atau mungkin judul yang kamu pilih memiliki kemiripan dengan milik orang lain. Dalam kasus ini, kamu perlu mengeceknya di perpustakaan kampus ataupun repository universitasmu.

-         Periksa referensi yang berkaitan dengan judul yang kamu pilih

Untuk memudahkan diri nantinya, sebaiknya periksa referensi berkaitan dengan judul yang kamu pilih, baik berupa buku maupun jurnal. Kamu bisa memeriksa keyword judulmu di google scholar atau platform penyedia referensi lainnya seperti academia maupun research gate.

-         Siapkan alasan yang relevan dan kuat kenapa kamu memilih judul tersebut

Memilih judul skripsi bukan hanya sekadar karena kamu menguasainya, tapi juga kamu harus memiliki alasan yang relevan kenapa kamu memilih judul tersebut. Paparkan alasanmu sebaik mungkin, ini bisa menjadi salah satu pertimbangan disetujuinya judulmu.

Baca Juga