Loading...
world-news

MOTIVASI

KULIAH DAPAT MENYEBABKAN STRES, EMANGNYA IYA?

Tidak sedikit mahasiswa yang mengalami stress akibat urusan perkuliahannya. Tidak hanya stress biasa, banyak juga yang sampai mengalami gangguan mental dan ada pula yang sampai mengakhiri hidupnya. Hal ini terjadi pastinya bukan tanpa sebab.

a)      SALAH PILIH JURUSAN

Jika kita cocok dengan jurusan yang kita pilih, kemungkinan besar kita akan menikmati perkuliahan tersebut sehingga beban tidak terasa terlalu berat. Namun jika kita tidak cocok dengan jurusan yang kita tempuh, maka kita akan sulit menikmati prosesnya dan akan melakukannya dengan terpaksa.

b)      TIDAK MEMILIKI TEMAN SUPORTIF

Jika kamu memilih teman yang suportif, kamu bisa sharing tentang kendala apa saja seputar kuliah. Namun jika kamu tidak memiliki teman yang supportif, maka beban kuliahmu akan sepenuhnya kamu tanggung sendiri.

c)      LINGKUNGAN YANG TOXIC

Tidak hanya teman yang tidak suportif, bahkan mungkin kita akan menjumpai lingkungan yang toxic selama kuliah. Misalnya teman kuliah yang suka membully, dan lain sebagainya. Lingkungan toxic tentu akan membuat masa kuliah menjadi.lebih berat dan suram.

d)      EKSPEKTASI TERLALU TINGGI

Dalam menjalani kuliah, kebanyakan dari kamu mempunyai ekspektasi tertentu. Misalnya harus mendapat nilai bagus atau harus cumlaude. Semakin tinggi ekspektasi maka semakin berat bebannya. Jika tidak kuat menanggung beban tersebut, maka kita bisa stress.

Baca Juga