Loading...
world-news

SEPUTAR KULIAH

Jokowi: UKT Kemungkinan akan Naik di Tahun 2025, Prabowo Janjikan Kuliah Gratis

Meskipun sudah berhasil menekan kenaikan UKT, Presiden Jokowi tidak bisa menutup kemungkinan bila UKT akan naik di tahun 2025/2026. Namun, tidak akan berlangsung secara mendadak seperti saat ini melainkan ada jeda agar besaran UKT tiap PTN bisa dikaji dan dikalkulasi.

Tingginya pergolakan isu UKT beberapa waktu lalu juga menarik perhatian Prabowo. Presiden terpilih Prabowo Subianto ungkap memiliki berbagai langkah pamungkas agar anak-anak Indonesia bisa mengenyam pendidikan tinggi. Termasuk janji minimnya biaya kuliah bahkan gratis.

Di periode kepemimpinannya nanti, Prabowo menjamin masyarakat bisa menikmati kekayaan mereka termasuk dalam hak memperoleh pendidikan. Pada masa pemilihan umum, Prabowo juga sempat berjanji jika terpilih menjadi presiden agar kuliah di PTN bisa gratis bagi seluruh anak Indonesia.

Tidak hanya itu, ia juga menjanjikan berbagai hal di bidang pendidikan seperti beasiswa kuliah penuh bidang kedokteran, beasiswa sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM), hingga beasiswa S1-S3 bagi anak petani, nelayan, guru, dan buruh.

Baca Juga