Loading...
world-news

MOTIVASI

ANAK KELAS 12 HARUS LAKUKAN HAL INI !! JANGAN SAMPAI MENYESAL

Terkhususnya bagi anak SMA/SMK yang kelas 12 kalian ingin masuk kuliah, kalian wajib nih. Ayo lakukan hal ini jika tidak ingin menyesal.

a)      Kurangi hal-hal yang kurang penting

Pada saat kamu sudah menginjak kelas 12, yang kamu harus lakukan adaalah mengurangi melakukan sesuatu yang kurang penting. Seperti main game, sering nongkrong bareng teman-teman dan sebagainya. Kamu juga harus mengurangi kegiatan seperti organisasi. Yang harus kamu lakukan adalah focus mempersiapkan diri untuk tesS eleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

b)      Cari jurusan dan kampus yang cocok

Pada saat kelas 12, kamu harus fokus untuk mengikuti tes Seleksi Masuk Perguruan Tinggi. Tidak hanya itu, kamu juga harus mencari tahu jurusan dan kampus mana yang kamu inginkan dan idamkan. Setelah itu kamu belajar supaya keinginanmu untuk jadi mahasiswa di kampus dan jurusan impian bisa terwujud.

c)      Mengikuti Bimbel

Mengikuti bimbel bisa menjadi salah satu kegiatan yang harus kamu lakukan ketika kelas 12. Tidak bisa di pungkiri memang dengan mengikuti bimbel kamu akan akan mendapat fasilitas seperti bimbingan secara intensif, tryout rutin, informasi mengenai perguruan tinggi, dll. Tapi tidak semua siswa harus mengikuti bimbel, kamu juga bisa belajar di rumah dengan fokus.

d)      Bergabung dengan grup pejuang ptn

Ketika kamu kelas 12 ada baiknya kamu memperbanyak mencari informasi mengenai PTN dan jurusan kampus. Salah satu cara supaya kamu mendapatkan banyak informasi dan bisa sharing dengan siswa lain dengan bergabung grup pejuang PTN dan follow akun pendidikan. Dengan begitu kamu akan mendapatkan banyak informasi dan terkadang mendapatkan tryout gratis.

e)      Rajin belajar materi dan soal-soal

Ketika kelas 12 kamu harus fokus untuk belajar materi dan sering melakukan latihan soal untuk Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Cara yang cukup ampuh yaitu dengan meluangkan waktu meskipun sedikit untuk

belajar setiap hari. Kalau kamu terlalu sibuk, kamu bisa belajar di sela-sela kegiatanmu. Jadikan belajar sebagai kegiatan rutin maka lama kelamaan kamu akan terbiasa.

f)       Banyak berdoa

Setelah melakukan ikhtiar yang baik, jangan lupa untuk selalu berdoa karena kita tahu semua yang terjadi berjalan berdasarkan kehendak-Nya. Jangan lupa juga untuk selalu meminta doa orang lain terutama restu kedua orang tua. Kamu juga harus rajin-rajin berbuat baik dan meminta maaf untuk kesalahan yang pernah

dilakukan.

Baca Juga