Loading...
world-news

MOTIVASI

TIPS BELAJAR UNTUK PERSIAPAN MASUK PTN

Apakah kalian udah mempersiapkan matang-matang untuk menjadi bagian mahasiswa di PTN impian kalian. Lakukan sebaik mungkin untuk mempersiapkan diri kalian untuk menjadi bagian  dari PTN yang kalian impikan. Gimana ya caranya kira-kira yuk simak berikut ini:

-         Membuat jadwal rutin

Jika kamu ingin belajar dengan sungguh-sungguh, maka kamu perlu membuat jadwal belajar rutin setiap hari. Kamu bisa belajar setiap jam 6-9 malam. Jadwal belajar rutin ini sangat penting bagi kamau agar waktu belajarmu tidak berantakan. Dan pastikan juga kamu selalu menepati waktu dan jadwal belajar yang sudah ditetapkan.

-         Hindari menunda waktu belajar

Jika sudah membuat jadwal rutin untuk belajar, jangan sampai kamu menunda waktu belajarmu. Kamu harus mematuhi jadwal belajar yang sudah kamu buat. Karena jika sekali kamu menunda, maka selanjutnya kamu akan terus malas-malasan untuk belajar.

-         Melatih kemampuan dengan mengikuti tryout

Setelah rutin belajar, kamu perlu mengetahui sejauh mana kemampuanmu dalam memahami dan menyelesaikan soal. Untuk itu, kamu juga perlu mengasah kemampuanmu dengan mengerjakan soal-soal dan mengikuti tryout. Tidak perlu khawatir tentang biaya, karena saat ini sudah banyak sekali platform yang menyediakan layanan try out gratis yang bisa kamu ikuti.

-         Menetapkan target setiap belajar

Agar belajarmu lebih efektif, kamu perlu menetapkan suatu target tiap kali belajar. Misal, dalam sehari kamu harus menguasai materi A dan mengerjakan 20 soal. Dengan begitu, kamu akan semakin terpacu dan fokus belajar karena ada target yang harus kamu capai.

-         Melakukan evaluasi hasil belajar

Kamu perlu memahami hal apa saja yang kurang dari cara belajarmu hari ini untuk kamu perbaiki di hari berikutnya. Jadi lakukan evaluasi terhadap apa yang sudah kamu kerjakan. Dengan begitu, kamu tidak akan mengulangi kesalahan yang sama yang dapat menyebabkan belajarmu tidak efektif.

Baca Juga