Loading...
world-news

SEPUTAR KULIAH

FAKTA SEPUTAR JURUSAN AKTUARIA

Gimana kabar kalian? pastinya sehat dan selalu ceria dong. Jurusan Aktuaria siapa yang dari kalian yang ingin masuk di jurusan ini nih?lalu kalian tau ngga mengenai seputar fakta dari Jurusan Aktuaria. Ada apa aja ya fakta dari Jurusan Aktuaria :

a.      Sering disebut Matematika Asuransi

Pada prodi aktuaria, kamu akan mempelajari bidang matematika yang sering disebut "matematika aktuaria". Ilmu aktuaria sendiri adalah ilmu asuransi, yaitu pengelolaan risiko keuangan di masa depan. Di prodi ini, kamu akan mendapatkan mata kuliah yang merupakan kombinasi dari probabilitas, matematika, statistik, keuangan, dan pemrograman komputer.

b.      Bangak Mata Kuliah

Di jurusan aktuaria, kamu akan mempelajari mata pelajaran yang berkaitan dengan matematika, asuransi, dan hukum. Kamu akan mempelajari topik-topik seperti komputerisasi dan pemrograman aktuaria, dasar-dasar kalkulus, data demografis dan tabulasi kematian, hukum asuransi, manajemen kerugian, matematika asuransi jiwa, dan dana pensiun.

c.       Lulusannya Tidak Hanya jadi aktuaris

Setelah studi aktuaria, kamu dapat bekerja sebagai aktuaris, asuransi properti dan inspektur klaim, penilai, auditor dan pemeriksa asuransi; penilai asuransi kerusakan kendaraan, perwakilan penjualan asuransi, dan penyelidik risiko asuransi.

d.      Terdapat di kampus negeri maupun swasta

Ada beberapa kampus negeri maupun swasta yang membuka prodi Aktuaria. Di kampus negeri, kamu bisa memilih di IPB University, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Airlangga, dan lain sebagainya.

e.      bergaji Tinggi

Lulusan aktuaria bisa mendapatkan gaji  tinggi mulai dari Rp 6 juta. Bahkan di tingkat vokasi, gaji lulusan  bisa melebihi  sarjana. Ketua Program Studi Administrasi Asuransi dan Aktuaria, Asrori mengatakan Jika lulusan  asuransi dan aktuaria memiliki setidaknya dua sertifikat profesi, lulusan dijamin akan mendapatkan gaji yang sama atau bahkan lebih tinggi dari sarjana.

f.       Lulusannya banyak dicari perusahaan

Meski terbilang favorit, faktanya  banyak orang yang tidak mengetahui detail dari program gelar aktuaria. Juga tidak banyak kampus di Indonesia yang menawarkan program gelar aktuaria. Sementara itu, permintaan lulusan aktuaria dalam dunia kerja relatif tinggi. Selain itu, banyak perusahaan asuransi teknologi yang saat ini bermunculan di Indonesia

Baca Juga