Loading...
world-news

SEPUTAR KULIAH

PTN Yang Membuka Kelas Internasional, Bisa Kuliah Double Degree Lho!

mahasiswa. Salah satu terobosan menarik adalah hadirnya Program Kelas Internasional di beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Mahasiswa kini memiliki kesempatan unik untuk mengeksplorasi dunia akademis secara lebih luas melalui kuliah double degree. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang PTN yang menyelenggarakan kelas internasional dan mengapa opsi kuliah double degree menjadi peluang menarik bagi para pencari ilmu. Mari simak bagaimana peluang ini dapat membuka pintu untuk pengembangan karier dan pengalaman belajar yang lebih global.

a.    Universitas Gadjah Mada

UGM menawarkan International Undergraduate Program (IUP) untuk mahasiswa Indonesia dan asing dengan peluang pertukaran dan proyek penelitian bersama universitas luar negeri seperti University of Queensland, University of Melbourne, dan Copenhagen Business School. Beberapa fakultas diantaranya:

-       Fakultas Hukum

-       Fakultas Sosial & Politik

-       Fakultas Kedokteran

-       Fakultas Ekonomi & Bisnis

-       Fakultas MIPA  

b.    Institut Teknologi Bandung

IUP ITB fokus pada inovasi melalui kolaborasi dan proyek internasional untuk mahasiswa Indonesia yang ingin gelar ganda dari ITB dan universitas mitra luar negeri. Berikut beberapa jurusan yang ada program ini:

-       Teknik Kimia

-       Teknik Dirgantara

-       Teknik Lingkungan

-       Manajemen

-       Teknik Mesin

-       Entrepreneurship

c.    Universitas Airlangga

Unair membuka kelas internasional dengan fokus utama pada ilmu kesehatan, disertai kurikulum standar internasional. IUP Unair berkolaborasi dengan universitas mitra luar negeri seperti Manchester University, Melbourne University, Malaya University, dan lainnya. Berikut beberapa jurusan yang ada program ini:

-       Kedokteran

-       Farmasi

-       Kedokteran Hewan

-       Psikologi

-       Kedokteran Gigi

d.    Universitas Diponegoro

Undip menawarkan program kelas internasional berbahasa Inggris dengan orientasi global, termasuk kerja sama dengan universitas luar negeri untuk memberikan mahasiswa pengalaman internasional. Berikut beberapa jurusan yang ada program ini:

-       Akuntansi

-       Ilmu Pemerintahan

-       Manajemen

-       Administrasi Publik

-       Ilmu Komunikasi

-       Hukum

-       Administrasi Bisnis

-       Teknik Industri

e.    Universitas Indonesia

UI memiliki program Kelas Khusus Internasional (KKI) untuk mahasiswa Indonesia yang ingin gelar ganda dengan universitas mitra di luar negeri. Mendaftar KKI dapat dilakukan melalui jalur SIMAK Kelas Internasional atau Talent Scouting. Berikut ini beberapa Fakultas yang ada program ini:

-       Fakultas Kedokteran

-       Fakultas Kedokteran Gigi

-       Fakultas Teknik

-       Fakultas Ilmu Komputer

-       Fakultas Psikologi

-       Fakultas Ekonomi dan Bisnis

-       Fakultas Hukum

-       Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Baca Juga