Loading...
world-news

SEPUTAR KULIAH

PROSPEK KERJA JURUSAN TEKNIK MESIN

Teknik mesin merupakan bidang keilmuan yang mempelajari prinsip dasar fisika untuk analisis, desain, manufaktur, dan memelihara sebuah sistem mekanik. Tidak heran jika program studi ini memiliki peluang kerja yang sangat luas. Nah berikut ini beberapa prospek kerja di jurusan Teknik Mesin.

a.      Industri otomotif

Salah satu peluang kerja bagi lulusan teknik mesin adalah pekerjaan di industri otomotif. Semua ilmu yang diperoleh selama kuliah akan sangat membantu Anda saat memulai karir di bidang ini. Industri Otomotif memang sangat melekat dengan jurusan teknik mesin, karna memang yang diajarkan selama kuliah juga tidak jauh beda dengan bisang pekerjaan yang dijalankan.

b.      Konveksi Energi

Peluang kerja lain di departemen teknik mesin adalah bekerja di departemen konversi energi perusahaan. Anda bertanggung jawab merancang sebuah mesin yang kemudian dapat mengubah satu bentuk energi menjadi energi lainnya. Tentunya tidak jauh dari mesin yaa!

c.       Industri bioteknik

Peluang kerja lain di departemen teknik mesin adalah bekerja di departemen konversi energi perusahaan. Anda bertanggung jawab merancang sebuah mesin yang kemudian dapat mengubah satu bentuk energi menjadi energi lainnya.

d.      Pegawai BUMN

Di jurusan Teknik Mesin nantinya juga bisa bekerja di BUMN lho! Misalnya seperti bekerja di perusahaan pertambangan BUMN, di perkeretaapian, Perusahaan penerbangan, dan lain sebagainya.

e.      Desain mekanik

Opsi teknik mesin yang tidak diketahui banyak orang tetapi menarik adalah desainer mekanik. Ternyata mesin membutuhkan desainer seperti halnya pakaian. Mekanik mendesain mesin sesuai dengan model terbaru. Gaji berkisar dari jutaan hingga puluhan juta tergantung pada senioritas.


Baca Juga