Loading...
world-news

SEPUTAR KULIAH

Apa Bedanya Teknologi Pangan dan Ilmu Gizi?

Saat berbicara tentang makanan, seringkali kita mendengar istilah teknologi pangan dan ilmu gizi digunakan secara bersamaan. Meskipun keduanya berkaitan erat dengan dunia makanan, kenyataannya, teknologi pangan dan ilmu gizi adalah dua bidang yang berbeda dengan fokus dan tujuan yang unik. Dalam artikel ini, kita akan menyelami perbedaan mendasar antara teknologi pangan dan ilmu gizi, serta bagaimana keduanya berkontribusi pada dunia makanan yang kita nikmati setiap hari

b.    Teknologi Pangan

-       Berfokus pada pada pengembangan ilmu pangan dan bertujuan untuk memproduksi makanan dalam industri.

-       Jurusan ini lebih menerapkan pengetahuan untuk meningkatkan efisiensi produksi makanan demi menghasilkan produk berkualitas tinggi yang aman untuk dikonsumsi.

-       Mata Kuliah yang diajarkan meliputi sistem jaminan halal, teknologi pengemasan, teknologi fermentasi, dan teknologi rasa.

-       Lulusan jurusan teknologi pangan biasanya memiliki prospek kerja menjadi quality control, quality manager di perusahaan yang mengolah makanan.

c.     Ilmu Gizi

-       Jurusan Ilmu Gizi berfokus pada penelitian terhadap komposisi kimia, mikrobiologi, dan struktur pada bahan makanan.

-       Jurusan ini akan diberikan ilmu dasar bagaimana cara untuk mengembangkan produk makanan.

-       Jurusan ini memiliki mata kuliah eperti ilmu bahan pangan, biokimia gizi, mikrobiologi pangan, metabolisme zat gizi, dan prinsip-prinsip ilmu gizi.

-       Prospek kerja bisa bekerja di sebuah perusahaan yang memproduksi makanan dan minuman atau menjadi staf gizi di rumah sakit.

Baca Juga