Loading...
world-news

MOTIVASI

ALASAN MENGAPA PENTINGNYA MENGASAH SOFTSKILL

Hay sobat pejuang PTN, soft skill sebagai kemampuan-kemampuan yang tidak dapat terlihat dan harus dimiliki atau diperlukan untuk mencapai kesuksesan, sebagai contoh kemampuan seseorang berkomunikasi, kejujuran atau integritas dan sebagainya. Lalu apa dampak pentingnya softskill terhadap diri kita ya.

a.      Bisa menyesuaikan dengan era yang kompetitif

Era terus berkembang dan seiring waktu semuanya berubah dari tradisional ke digital. Sebagai contoh sederhana, kita sekarang dapat dengan mudah membeli di pasar tanpa harus datang ke toko. Dengan perubahan ini, teknologi berdampak besar pada standar dan peluang kerja, dan soft skill membantu kita memperhatikan semua peluang yang datang kepada kita.

b.      Dapat berkomunikasi dengan baik

Jika kamu mampu berkomunikasi dengan baik, maka akan berpengaruh besar di kehidupan kamu nantinya. Memiliki softskill komunikasi nantinya akan memudahkanmu dalam mendapatkan relasi baru bahkan mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minatmu. Oleh karena itu, kemampuan ini menjadi sangat penting bagi setiap mahasiswa.

c.       Dapat menjaring relasi yang luas

Dengan mengasah soft skill, kita pasti akan bertemu dengan orang-orang baru yang mungkin memiliki minat yang sama. Dengan cara ini kita bisa menciptakan relasi atau jaringan yang luas. Hubungan yang terjalin akan membantu peluang karir di masa depan.

d.      Memiliki jiwa leadership yang baik

Mengasah softskill akan mengacu untuk menjadi leader yang baik. Nantinya ketika sudah masuk ke dunia pekerjaan, tidak hanya memimpin untuk diri sendiri, tapi juga akan memimpin banyak orang. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memiliki keterampilan manajemen yang baik, sehingga nantinya akan memudahkan kamu dalam menjalani dunia kerja.

e.      Dapat berpikir kritis dan mampu menyelesaikan masalah

Berpikir kritis adalah kemampuan berpikir  rasional dalam  situasi dan keadaan yang berbeda, yaitu. fokus pada satu masalah. Sedangkan pemecahan masalah adalah kemampuan untuk menemukan solusi dari suatu masalah. Ketika kamu dihadapkan pada suatu masalah, secara alami kamu harus bertindak dan menyelesaikan masalah tersebut. Kondisi ini memaksa kita untuk berpikir lebih kritis untuk mencari sumber masalahnya dan kemudian mencari jalan keluarnya

Baca Juga