Loading...
world-news

SEPUTAR KULIAH

Jurusan Kuliah Untuk Pecinta Geografi

Hallo sobat Masuk PTn & Pejuang PTN

Siapa yang suka dengan Geografi atau mungkin kalian salah satunya ya yang gemar dengan Geografi. Kalian wajib perhatikan ini baik-baik ya agar kalian tidak salah memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan Geografi. Berikut jurusan yang cocok untuk kalian

a.       Teknik Geomatika

Teknik geomatika menggabungkan geodesi dan informatika, fokus pada integrasi dan analisis data spasial. Lulusan berkompetensi dalam survei, pemetaan, dan mendukung teknologi kebumian dan informasi.

b.       SAPPK

SAPPK ITB adalah sekolah unggulan di bidang arsitektur dan perencanaan kebijakan. Lulusannya dapat bekerja di berbagai sektor, termasuk pemetaan ruang, arsitektur, kewilayahan, penelitian, dan pendidikan.

c.        Perencanaan Wilayah dan Kota

PWK fokus pada perencanaan, pemetaan, struktur tanah, transportasi, dan desain wilayah/kota. PWK mempertimbangkan aspek sosial, politik, dan ekonomi dalam pembangunan kota.

d.       Meteorologi

Meteorologi mempelajari tentang Bumi, gejala, dan komponennya. Mahasiswa jurusan ini memahami perubahan iklim dan dampaknya bagi Bumi dan manusia. Lulusan bisa bekerja di BMKG, BPPT, dan lembaga sains lainnya.

e.       Kartografi

Program studi ini membahas pencarian dan penyajian informasi geografi dalam bentuk peta, gambar, dan tabel. Lulusan berpeluang bekerja di instansi survei, industri, dan konsultasi.

f.         Geografi Lingkungan

Geografi lingkungan memadukan ilmu geografi dan ilmu lingkungan. Program studi ini menggabungkan isu geografi dan lingkungan yang mempengaruhi kondisi geografis.

g.       Geografi Murni

Program studi geografi murni mempelajari tata ruang, penggunaan tanah, dan geografi fisik seperti iklim, tanah, dan air. Lulusan diharapkan terampil dalam penerapan teknologi SIG dan dapat memberikan solusi penelitian.

a.       Pariwisata

Jurusan ini mempelajari tentang tempat wisata, budaya, dan kepariwisataan. Peluang kerja lulusan meliputi pemandu wisata, pengusaha akomodasi, manajer rekreasi, event organizer, dan industri kepariwisataan lainnya.

b.       Pendidikan Geografi

Prodi ini mempelajari ilmu bumi dan kehidupan di dalamnya. Prospek kerjanya bervariasi, tidak hanya sebagai guru atau dosen.

c.        Kehutanan

Program studi kehutanan mempelajari tentang segala hal terkait hutan, seperti ekologi, fisiologi, ilmu tanah, dan manajemen sumber daya hutan. Jurusan ini juga mengajarkan cara pelestarian hutan.

d.       Teknik Geologi

Teknik geologi mempelajari tentang bumi, dan mahasiswa jurusannya bisa bekerja di perusahaan tambang, Pertamina, atau instansi pemerintah seperti kementerian lingkungan hidup dan LIPI.

e.       Teknik Geodesi

Teknik geodesi mempelajari bentuk dan ukuran bumi serta pemetaan. Lulusan jurusan ini dibutuhkan di berbagai industri seperti konstruksi, properti, tambang, dan infrastruktur.

Baca Juga