Loading...
world-news

GENERAL

STRATEGI MENGHADAPI BIAYA KULIAH MAHAL

Kalian masih bingung kuliah dengan harga yang mahal, kalian ingin tau caranya menghadapi kuliah yang mahal. Gimana ya kira-kira caranya yuk langsung simak strategi menghadapi biaya kuliah mahal.

-         Student loans

Student loans adalah bantuan dari lembaga atau institusi tertentu bagi mahasiswa yang ingin membiayai kuliahnya beserta dengan biaya buku dan biaya hidup lainnya. Bisa dikatakan, bantuan ini berupa pinjaman. Jika mahasiswa tersebut sudah lulus dan mendapatkan pekerjaan, mah siswa tersebut harus melunasi pinjaman tersebut dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

-         Mendaftar beasiswa

Scholarship atau beasiswa adalah program bantuan pendidikan yang paling sering kita temui. Banyak sekali beasiswa untuk kuliah di perguruan tinggi di Indonesia. Kamu bisa langsung mencari tau informasi seputar beasiswa di kampusmu. Jika kamu mengharapkan beasiswa dari lembaga tertentu, kamu bisa mencoba KIP Kuliah.

-         Freelance sambil bekerja

Kamu bisa mengatasi biaya kuliah yang mahal dengan bekerja freelance. Kamu bisa bekerja pada pagi, siang, sore, atau malam hari dari rumah. Itu semua disesuaikan dengan kebutuhan dan pintar-pintarnya kamu membagi waktu dengan kesibukan. Karena itu, freelance juga bisa dibarengi dengan kuliah.

-         Wirusaha sambil kuliah

Kamu bisa menjual dagangan seperti baju atau makanan. Tawarkan itu ke teman atau titipkan di kantin kampus. Selain itu, berdagang di internet juga sangat menggiurkan dan bisa menambah uang untuk biaya kuliah. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan biaya tambahan untuk membayar uang kuliahmu.

-         Ikut proyek soal kuliah

Terkadang dosen atau kampus sering menjalankan proyek-proyek tertentu. Misalnya, penelitian. Jika mereka membuka kesempatan agar mahasiswa bergabung. Kamu bisa bergabung dalam proyek tersebut. Dengan begitu kamu akan mendapat kompensasi yang bisa kamu gunakan untuk membayar uang kuliah.

Baca Juga