Loading...
world-news

BERITA KAMPUS

9 JALUR SELEKSI MASUK UNY

a.      Jalur SNBP

Sebelumnya seleksi ini bernama SNMPTN, pada tahun 2023 berganti nama menjadi Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP). Siswa yang mengikuti SNBP 2023, akan mengikuti seleksi tanpa tes dan seleksinya berdasarkan prestasi akademik, non akademik, rapor, dan ketentuan lain sesuai aturan SNBP.

b.      Jalur SNBT

Sebelumnya seleksi ini bernama SBMPTN, pada tahun 2023 berganti nama menjadi Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT). Siswa akan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang materinya juga berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada tahun 2023 nanti, UTBK SNBT hanya menggunakan Tes Potensi Skolastik (TPS).

c.       Jalur Prestasi Akademik

SM-Prestasi Akademik merupakan jalur seleksi mandiri berbasis nilai rapor dari si calon mahasiswa. SM-Prestasi Unggulan merupakan jalur seleksi mandiri berbasis prestasi unggul dalam bidang nonakademik, termasuk Hafidz Al-Qur'an. SM-Skor UTBK merupakan seleksi calon mahasiswa berdasarkan skor hasil UTBK 2023.

d.      Jalur Prestasi Unggul

seleksi Prestasi Unggul disediakan buat kamu yang memiliki prestasi dalam bidang akademik dan nonakademik. Kriteria lainnya yaitu kegiatan yang kita ikuti minimal tingkat kabupaten/kota.

e.      Jaluer Talent Scounting

Seleksi Mandiri Talent Scouting adalah jalur seleksi mandiri berdasarkan nilai rapor dan prestasi nonakademik. Jadi calon mahasiswa baru yang mengikuti seleksi ini memiliki Prestasi Non Akademik peringkat atau juara 1, 2 dan 3 serendah-rendahnya tingkat Kabupaten/Kota dalam lomba atau kejuaraan bidang olahraga, bidang MTQ, bidang penalaran, bidang Seni dan bidang minat khusus.

f.       Jalur Mandiri Olahraga

Seleksi Mandiri Prestasi Olahraga Unggul diperuntukkan bagi Peserta adalah lulusan SMA/MA/SMK atau sederajat dan lulusan Paket C Tahun 2021, 2022, atau 2023 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2023).Seleksi ini untuk calon mahasiswa baru S1 yang unggul dan berprestasi dalam bidang olahraga, diutamakan bagi siswa yang berprestasi tingkat Nasional atau Internasional.

g.      Jalur mandiri CBT

Jalur CBT atau Computer-Based Test adalah tes berbasis komputer yang diselenggarakan di kampus UNY dan di tempat tinggal masing-masing peserta. Di Universitas Negeri Yogyakarta jalur mandiri CBT ada 2 jenis, yaitu CBT Kampus dan CBT Domisili.

h.      Jalur mandiri skor UTBK

Jalur ini menggunakan skor UTBK untuk menyeleksi calon mahasiswa. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, berikut jadwal, syarat, dan prosedur untuk seleksi jalur skor UTBK.

i.        Jalur Mandiri Keja Sama

Seleksi Jalur Kerja Sama diselenggarakan atas kerjasama kemitraan antara UNY dengan instansi pemerintah/swasta. Jalur ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang bergabung dalam instansi/kemitraan yang bekerja sama dengan UNY.

Baca Juga