Loading...
world-news

BERITA KAMPUS

Persiapan Kuliah Untuk Kelas 10 dan 11

Hallo teman-teman semuanya sobat setia Masuk PTN. Bagaimana kabar kalian semua apakah baik? Baik dong pastinya. Untuk para calon-calon maba yang masih duduk dibangku kelas 10 maupun 11 kalain harus persiapkan dari sekarang ya agar ketika sudah lulus dari SMA/SMK sudah siap untuk daftar di Perguruan Tinggi Negeri Impian kamu nih. Apa aja ya yang harus dipersiapkan simak berikut ini ya.

a.      Tingkatan prestasi akademik

Prioritaskan prestasi akademik meskipun terlibat dalam banyak ekstrakurikuler. Seleksi PTN melalui jalur SNBP mempertimbangkan nilai rapor dan prestasi akademik. Tingkatkan nilai rapor dari kelas 10 hingga 12 untuk meningkatkan peluang diterima melalui SNBP. Fokus pada pemahaman materi dan upayakan nilai terbaik.

b.      Ikut organisasi, ekstrakulikuler atau komunitas

Ikuti ekstrakurikuler dan organisasi sekolah serta komunitas regional atau nasional yang mudah diakses untuk mengasah soft skill seperti kerja tim dan public speaking. Pilihlah beberapa kegiatan yang sesuai dengan kemampuanmu, daripada bergabung dengan terlalu banyak. Pengembangan soft skill ini akan bermanfaat saat kuliah nanti.

c.       Temukan minat dan bakat yang dimiliki

Mahasiswa sering merasa salah jurusan dan akhirnya memutuskan untuk pindah setelah satu tahun kuliah. Hal ini menyebabkan pemborosan waktu, stres, dan tekanan. Untuk menghindari masalah tersebut, penting untuk menemukan minat dan bakat saat SMA agar dapat memilih jurusan yang sesuai. Dengan begitu, tidak akan ada lagi masalah "salah jurusan" di kemudian hari.

d.      Diskusi mengenai rencana kuliah dengan orang tua

Diskusikan keinginan dan rencanamu tentang kuliah dengan orangtua untuk menyamakan pandangan. Berikan masukan, pendapat, dan pandangan mereka serta sampaikan minat dan bakatmu agar menjadi pertimbangan dalam memilih perguruan tinggi dan jurusan.

e.      Belajar untuk persiapan UTBK SNBT

Persiapan UTBK dan SNBT dimulai sejak kelas 10 dan 11 dengan belajar materi yang mencakup periode tersebut. Latihan soal dan pemahaman tipe soal juga penting. Jika tidak lolos SNBP, SNBT bisa jadi alternatif.

Baca Juga