Loading...
world-news

BERITA KAMPUS

Kolaborasi Tim Mahasiswa ITB dan Purdue University Rancang Pesawat Listrik

ITB dan Purdue University berkolaborasi dalam program Global Multidisciplinary Design Course yang diinisiasi oleh Arizona State University. Tim mahasiswa dari kedua kampus itu merancang pesawat udara komersial bertenaga listrik yang mampu mengangkut hingga 40 penumpang dengan rute penerbangan Jakarta-Singapura.

Fokus utama program inisiatif dari USAID Higher Education Partnership Initiative (HEPI) itu adalah desain pesawat udara. Tim mahasiswa (sejak Februari hingga Juni 2024) berkolaborasi secara virtual untuk menyelesaikan proyek rancangan. Menurut salah satu anggota tim, Darian Soetanto, program merancang pesawat bertenaga listrik itu sangat menarik.

Akan tetapi, dibalik menariknya program tersebut, ada tantangan yang harus dihadapi oleh tim mahasiswa tersebut, seperti adanya tantangan rancangan yang bertambah karena referensi yang terkait pesawat bertenaga listrik masih sangat terbatas sehingga ada aspek yang membuat mahasiswa harus belajar sendiri dari nol.

Meskipun secara teknis mungkin untuk dilakukan, namun dari sudut pandang ekonomi, penggunaan teknologi baterai saat ini seperti Li-Ion masih menjadi tantangan. Namun begitu, tim tetap optimistis dengan kemajuan teknologi yang pesat karena pada 2035 mendatang baterai solid state dapat menjadi pilihan baterai dengan masa pengisian dan masa pakai yang lebih baik.

Sumber: tempo

Baca Juga