Loading...
world-news

BERITA KAMPUS

Sebanyak 77 ribu peserta UTBK SNBT 2023 memilih kota malang

HALLO PEJUANG PTN

UTBK SNBT 2023 sudah di depan mata. Jumlah mahasiswa yang mengikuti Ujian Masuk Perguruan Tinggi Nasional (PTN) diperkirakan cukup besar. Sedikitnya 77 ribu calon peserta memilih beberapa kampus di Kota Malang sebagai tempat ujian.

Pemeringkatan tersebut berdasarkan jumlah mata kuliah di dua kampus negeri, yakni Universitas Brawijaya (UB) dan Universitas Negeri Malang (UM).

UTBK SNBT diadakan setiap hari dalam dua sesi. Tak kurang dari 2.374 peserta menyelesaikan tes di UM saja dalam satu hari. Pada saat yang sama, pengujian dilakukan dalam dua gelombang. Setiap set disimpan selama satu minggu penuh. Artinya, 33.236 peserta akan mengikuti tes dalam waktu dua minggu.

Di saat yang sama, Rizky mengatakan masih kurang dari 33.236 pendaftar UTBK-SNBT yang memilih UM, sehingga cukup dilakukan satu gelombang tes saja.

Di tempat lain, Sekretaris Departemen Administrasi dan Layanan Akademik UB Heri Prawoto mengatakan, 61 ruangan telah disiapkan untuk SNBT UTBK. Jumlah ruangan tersebut mampu menampung total 1.580 peserta per sesi. Artinya, 3.160 peserta mengikuti tes di UB setiap hari.

Menurut perhitungan, 44.240 peserta akan datang ke UB hanya selama dua minggu, yaitu jika semua orang datang, jelas Heri. UB melakukan beberapa persiapan. Secara khusus, sediakan ruangan khusus untuk peserta tunanetra. Pasalnya, UB merupakan salah satu pusat penyelenggaraan UTBK SNBT khusus tuna netra.

Berdasarkan data calon peserta yang mengikuti UTBK SNBT di dua kampus tersebut, total lebih dari 77.000 mahasiswa berkumpul di Kota Malang. Estimasi jumlah peserta meliputi dalam kota dan luar kota.

Apakah kamu salah satu dari 77 ribu peserta yang memilih kota malang jadi lokasi ujian? 😁😁

Baca Juga