Loading...
world-news

MOTIVASI

Perjuangan dan Kegigihan 4 Peserta Penyandang Tunanetra Mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer 2024 di UNY

Sebanyak 4 peserta penyandang tunanetra mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berbasis Komputer (SNBT) di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). UNY menyediakan lokasi khusus bagi peserta difabel. UNY memberikan waktu tes bagi peserta tunanetra pada Kamis 2 Mei 2024 di ruang tersendiri disertai pendampingan dari dosen prodi Pendidikan Luar Biasa yang berpengalaman.

Salah satu peserta tunanetra yakni Oktaviola Maya Tantri Ramadani. Oktaviola mengaku mempersiapkan diri ikut UTBK dengan belajar giat termasuk mengikuti bimbingan belajar online dan try out. Gadis kelahiran 7 Mei 2006 tersebut memilih prodi Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi UNY.

Di sisi lain, pihak kampus juga menempatkan peserta tunadaksa di tempat strategis yang mudah diakses, penyediaan kursi roda dan pendamping khusus. Penanggungjawab Lokasi (PJL) Ruang Laboratorium IDB FE UNY Maimun Sholeh juga menuturkan pihaknya telah menyediakan fasilitas khusus bagi peserta tunanetra yakni berupa software dan audio yang mendukung.

Sumber: detik.com

Baca Juga