Loading...
world-news

TIPS BELAJAR

KEGIATAN BERMANFAAT YANG BISA DILAKUKAN OLEH MAHASISWA

hallo teman-teman kalian udah keterima dikampus PTN mana nih? untuk yang sudah lolos di kampus PTN impian kalian apa aja sih kegiatan yang kalian lakukan saat di kuliah. Untuk yang masih jadi kupu-kupu (kuliah pulang kuliah pulang) ayok simak ini agar kalian tau betapa penting dan bermanfaat untuk kalian jika ikut kegiatan di kampus.

-         ikut unit kegiatan mahasiswa

Unit kegiatan mahasiswa atau sering disingkat UKM adalah program pendidikan di luar universitas. Banyak UKM  biasanya tumbuh subur di lingkungan kampus. Misalnya, UKM olahraga seperti sepakbola, karate, dan basket. Ada juga UKM Seni, seperti paduan suara, teater dan fotografi.

-         tergabung dalam organisasi

Ada banyak organisasi kampus yang bisa kamu ikuti, seperti BEM. Selain organisasi kampus, kamu juga bisa mengikuti organisasi di luar kampus seperti MUN (Model United Nations). Ketika Anda bergabung dengan sebuah organisasi, Anda mendapatkan banyak pengalaman dan keterampilan, seperti berbicara di depan umum, keterampilan kepemimpinan, dan keterampilan kolaborasi. Selain itu, ikut serta dalam kegiatan organisasi dapat memberikan kesempatan untuk membuka relasi dengan banyak orang.

-         magang

Saat ini  banyak perusahaan yang membuka untuk menerima mahasiswa untuk mengikuti program magang. Program pemagangan memberikan banyak manfaat, salah satunya adalah pengalaman yang luas dan mengetahui  ruang lingkup kehidupan kerja yang sebenarnya.

-         freelance

Jika kamu khawatir tidak dapat membagi waktu antara kuliah dan magang, bekerja freelance adalah cara yang tepat. Dibandingkan dengan magang, pekerja freelance memiliki jam kerja yang lebih fleksibel, karena mereka dapat menentukan sendiri kapan waktu yang tepat untuk mulai bekerja dengan lebih leluasa. Selain itu, hasil proyek yang diselesaikan dapat ditambahkan ke  CV mu saat kamu siap  mencari pekerjaan.

-         kursus online

Jika kamu belum siap mengikuti program magang dan merasa belum cukup memenuhi syarat untuk menjadi pekerja lepas, ada hal lain yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan keterampilan, seperti mengikuti kursus online. Sama seperti freelance, kursus online juga memiliki keuntungan yang sama yaitu fleksibel dalam hal jumlah waktu yang bisa kamu putuskan kapan melakukannya.

-         mebikuti kegiatan sosial sebagai relawan

Jika kamu ingin membuat waktu luang agar lebih bermanfaat bagi banyak orang, menjadi sukarelawan adalah salah satu hal yang dapat kamu lakukan. Dengan menjadi relawan, tentunya kamu akan mendapatkan banyak pengalaman dan kesempatan untuk bertukar cerita dengan banyak orang dari berbagai latar belakang.

Baca Juga