Loading...
world-news

SEPUTAR KULIAH

REFERENSI JURUSAN BIDANG DATA ANALIS

Hallo pejuang PTN dimana pun kalian berada siapa yang ingin masuk di bidang data analis, nah ini ada refrensi untuk jurusan seputar bidang data analis. Agar kalian sebelum terjun ke bidang analis kalian sudah bisa menentukan jurusan kalian agar tidak salah pilih, kira-kira apa aja ya jurusannya.

-         Ilmu Komputer

Ilmu komputer mempelajari tentang komputasi, perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software).

Beberapa PTN dengan jurusan Ilmu Komputer Misalnya Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Brawijaya (UB) dan masih banyak lainnya.

-         Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika mempelajari tentang prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan, dan evaluasi sistem operasi, perangkat lunak (Software), dan kinerja komputer.

Beberapa PTN dengan jurusan Teknik Informatika diantaranya Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Institut Teknologi Bandung, Universitas Hasanuddin, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, dan lain sebagainya.

-         Manajemen Informatika

Jurusan Manajemen Informatika adalah ilmu yang mempelajari teori-teori dalam teknologi informasi serta penggunaannya dalam membuat bisnis perusahaan menjadi lebih mudah.

Beberapa PTN dengan jurusan Manajemen Informatika diantaranya Universitas Airlangga, UIN Syarif Hidayatullah, Politeknik Negeri Jember, dan lain sebagainya.

-         Finance atau Keuangan

Jurusan Keuangan nantinya akan memahami tentang probability and risk, termasuk dalam konteks bisnis.

Beberapa PTN dengan jurusan Keuangan diantaranya Universitas Gadjah Mada, Universitas Sumatera Utara, IPB University, dan lain sebagainya.

-         Sains data

Jurusan Sains Data mempelajari tentang data, khususnya data kuantitatif, dengan tujuan untuk menemukan pola-pola tersembunyi dari data tersebut. Ilmu ini merupakan kombinasi ilmu sains dan ilmu sosial.

Beberapa PTN dengan jurusan Sains Data diantaranya Universitas Airlangga, UPN Veteran Jawa Timur, IPB University, dan lain sebagainya.

-         Matematika

Jurusan Matematika adalah ilmu tentang logika, mengenai bentuk, susunan, besaran, dan konsep- konsep yang berhubungan satu dengan lainnya.

Beberapa PTN dengan jurusan Matematika diantaranya Universitas Jember, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Diponegoro, dan lain sebagainya.

-         Statistika

                                Jurusan Statistika belajar tentang pengumpulan, penggolongan, analisis, interpretasi, hingga presentasi                                 data. Data statistik yang dihasilkan atau dipresentasikan harus mudah dipahami.

                                Beberapa PTN dengan jurusan Statistika diantaranya Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas                                 Sebelas Maret, Universitas Negeri Semarang, dan lain sebagainya.

Baca Juga