Loading...
world-news

SEPUTAR KULIAH

Kamu Perlu Tahu Ini Saat Masuk Jurusan Kedokteran

Jurusan kedokteran selalu menjadi salah satu jurusan favorit mahasiswa. Namun, ketika masuk jurusan kedokteran, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan banyak yang belum mengetahui bagaimana jangka panjang dari prospek kerja jurusan kedokteran ini. Ternyata ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan wajib diketahui ketika masuk jurusan kedokteran, mulai dari masuk kuliah hingga praktik kerja di rumah sakit. Berikut penjelasan lebih detailnya:

1. Sistem Blok

Sistem Blok, yaitu pre-klinik dan klinik. Pre-klinik dilaksanakan sebelum melakukan koas, seperti di tahun pertama mempelajari Biologi, Fisika, dan Kimia, di tahun kedua dan ketiga belajar modul organ. jan. Ketika masuk masa klinik, sudah mulai masuk dunia koas dan praktik di rumah sakit.

2. Gelar Kedokteran

Para lulusan sarjana kedokteran akan mendapatkan gelar S.Ked. Setelah itu, kamu harus mengikuti koas dan ujian sertifikasi agar mendapatkan gelar "dr".

3. Masa Koas

Koas akan berjalan selama 1,5 tahun. Dibagi menjadi tiga stase, yaitu kecil (3 minggu), sedang (5 minggu), dan besar (10 minggu), tergantung dari kebijakan RS. Untuk praktik lapangannya sendiri bisa memakan waktu hingga dua tahun.

4. UKMPPD

Setelah selesai koas, seluruh calon dokter wajib menjalani Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD). Dalam satu tahun, ada 3-4 kali UKMPPD. Kamu harus lulus ujian ini untuk dapat melanjutkan ke tahapan selanjutnya, seperti internship dan sumpah dokter.

5. Wisuda & Bukti Angkat Sumpah

Setelah dinyatakan lulus uji kompetensi, calon dokter akan diwisuda. Saat wisuda, ada benda pusaka, yaitu ijazah profesi dokter dan surat bukti angkat sumpah.

6. Internship

Untuk Jakarta, durasi internship-nya adalah empat bulan di puskesmas kecamatan, empat bulan di puskesmas kelurahan, dan empat bulan terakhir di IGD rumah sakit. Sedangkan di luar Jakarta, delapan bulan di rumah sakit (empat bulan IGD dan empat bulan di bangsal), serta empat bulan di puskesmas.

Baca Juga