Loading...
world-news

SEPUTAR KULIAH

Macam-Macam Jenis Beasiswa LPDP, Kamu Harus Tau!

Dalam mendukung akses pendidikan tinggi, Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) menawarkan berbagai jenis beasiswa yang dapat menjadi peluang emas bagi para pelajar dan mahasiswa. Artikel ini akan mengulas secara rinci tentang macam-macam jenis beasiswa LPDP yang harus kamu ketahui. Dari beasiswa pascasarjana hingga beasiswa penelitian, mari kita jelajahi berbagai kesempatan yang dapat membantu mewujudkan impian pendidikanmu.

a.    Beasiswa PNS/TNI/POLRI

Beasiswa PNS/TNI/POLRI adalah program bantuan keuangan khusus untuk Pegawai Negeri Sipil, prajurit TNI, dan anggota POLRI. Ini memberikan dukungan pendidikan kepada mereka yang berdedikasi di sektor publik, memungkinkan mereka melanjutkan pendidikan ke tingkat lebih tinggi. Program ini mencerminkan apresiasi pemerintah terhadap para petugas publik dan mendukung pengembangan kualitas sumber daya manusia di sektor kunci.

b.    Beasiswa Kewirausahaan

Beasiswa Kewirausahaan adalah sebuah program beasiswa untuk jenjang magister di luar negeri yang ditujukan khusus bagi warga negara Republik Indonesia yang memiliki minat dan keterlibatan dalam dunia kewirausahaan. Program ini memberikan peluang kepada para penerima beasiswa untuk mengeksplorasi dan meningkatkan pemahaman mereka tentang kewirausahaan di tingkat internasional.

c.    Beasiswa Pendidikan Kader Ulama

Beasiswa Pendidikan Kader Ulama adalah beasiswa magister dan doktoral yang dikelola oleh BPMI yang bekerjasama dengan Kementerian Agama, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, didanai oleh LPDP untuk calon ulama.

d.    Beasiswa Dokter Spesialis dan Dokter Subspesialis

Program Beasiswa Dokter Spesialis dan Subspesialis merupakan program beasiswa kerja sama antara LPDP dengan Kementerian Kesehatan yang dimaksudkan mendukung ketersediaan sumber daya manusia Dokter Spesialis dan Subspesialis dalam rangka pemenuhan dan pemerataan pelayanan spesialistik di Indonesia.

e.    Beasiswa Fellowship Dokter Spesialis

Beasiswa Fellowship adalah beasiswa LPDP yang diberikan dalam bentuk program penambahan kompetensi bagi dokter spesialis dengan kurikulum dan pencapaian kompetensi sebagian dari subspesialis terkait.

f.      Beasiswa Kerja Sama Bidang Kewirausahaan

Beasiswa MSVC LPDP-NUS adalah program Co-Funding untuk calon pengusaha yang ingin meluncurkan dan mengembangkan bisnis baru melalui bimbingan bisnis, teknologi NUS Enterprise, dan akses pasar.

g.    Beasiswa Kerja Sama Diktiristek-LPDP-OKP/StuNed

Beasiswa Diktiristek-LPDP-OKP/StuNed adalah kerja sama antara Kementerian Diktiristek, LPDP, dan Nuffic Neso Indonesia, fokus pada bidang yang relevan untuk prioritas Pembangunan Indonesia.

h.    Beasiswa Kerja Sama Metalurgi NEU

Beasiswa Magister Metalurgi NEU adalah program Co-Funding antara Kemenkomarves, LPDP, Northeastern University, dan Zhejiang Huayou Cobalt Co. Ltd., untuk meningkatkan penelitian dan pendidikan di metallurgical engineering.

i.      Beasiswa Kerja Sama Metalurgi CSU

Beasiswa Metalurgi CSU adalah Program Beasiswa Kerja Sama Indonesia-Tiongkok di Central South University, didanai Bersama oleh Kemenkomarves, LPDP, Central South University, dan GEM Co., Ltd. selama 3 tahun, dengan LPDP menyokong tahun pertama dan GEM Co., Ltd. menyokong tahun kedua dan ketiga.

j.      Beasiswa Penyandang Disabilitas

Beasiswa Penyandang Disabilitas LPDP diperuntukkan bagi individu dengan berbagai jenis disabilitas, termasuk fisik, intelektual, mental, sensorik, serta disabilitas ganda atau multi.

k.    Beasiswa Daerah Afirmasi

Beasiswa Daerah Afirmasi adalah program beasiswa magister dan doktor yang diperuntukkan bagi kelompok Masyarakat yang berasal dari daerah afirmasi.

l.      Beasiswa Prasejahtera

Beasiswa Prasejahtera adalah program beasiswa diperuntukkan bagi kelompok masyarakat dari keluarga prasejahtera atau miskin untuk melanjutkan studi jenjang pendidikan magister, yang terdaftar dan aktif sebagai penerima Program Keluarga Harapan (PKH)/ penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Penerima Bantuan Iuran (PBI) di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

m.  Beasiswa Putra-Putri Papua

Beasiswa Putra-Putri Papua adalah program beasiswa magister dan doktor untuk warga Provinsi Papua, Papua Barat, Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Barat Daya.

n.    Beasiswa Reguler

Beasiswa Reguler adalah beasiswa jenjang magister dan doctor yang diperuntukkan bagi Warga Negara Republik Indonesia melalui mekanisme dan prosedur yang ditetapkan LPDP.

o.    Beasiswa PTUD

Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia adalah program beasiswa Magister dan doktor untuk Warga Negara Indonesia dengan Letter of Admission Unconditional dari Perguruan Tinggi Utama Dunia.

p.    Beasiswa Parsial

Beasiswa Parsial adalah beasiswa umum untuk jenjang magister dan doktor yang diperuntukkan bagi Warga Negara Indonesia dengan skema pendanaan bersama antara LPDP dengan individu Penerima Beasiswa.

q.    Beasiswa Kolaborasi – Kemdikbudristek

Kementerian Keuangan melalui LPDP mendukung inovasi pendidikan Kemdikbudristek. Program ini bertujuan meningkatkan semangat belajar, melibatkan pelajar, pendidik, dan budayawan. Diharapkan, pendidikan yang lebih baik akan berkontribusi pada pembangunan SDM, kemajuan teknologi, dan karakter Pancasila. LPDP mendukung dari segi pendanaan sesuai RAB dan dokumen pengajuan dari kemdikbudristek.

Baca Juga