Loading...
world-news

BERITA KAMPUS

JALUR SELEKSI MASUK UNPAD

Kalian mengincar di UNPAD, dan kalian ingin masuk di UNPAD tapi kalian tau ngga nih jalur yang tersedia di UNPAD ada apa aja nihh teman-teman. yuk kalian simak sebelum masuk UNPAD jalur apa aja yang ada di UNPAD.

a.      Jalur SNBP

Sebelumnya seleksi ini bernama SNMPTN, pada tahun 2023 berganti nama menjadi Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP). Siswa yang mengikuti SNBP 2023, akan mengikuti seleksi tanpa tes dan seleksinya berdasarkan prestasi akademik, non akademik, rapor, dan ketentuan lain sesuai aturan SNBP.

b.      Jalur SNBT

Sebelumnya seleksi ini bernama SBMPTN, pada tahun 2023 berganti nama menjadi Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT). Siswa akan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang materinya juga berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada tahun 2023 nanti, UTBK SNBT hanya menggunakan Tes Potensi Skolastik (TPS).

c.       Jalur Mandiri Nilai Ujian

Peserta SMUP Program Sarjana Jalur Nilai Ujian dapat diikuti oleh siswa yang lulus pada pendidikan setingkat Sekolah Menengah Atas di tahun 2021, 2022 dan 2023, dengan tidak harus terdaftar sebelumnya sebagai peserta SNMPTN/SNBP ataupun SBMPTN/SNBT dan harus memiliki nilai UTBK SNBT atau nilai SMUP 2023.

d.      Jalur Mandiri Prestasi

Program Sarjana Jalur Mandiri Universitas Padjadjaran (Unpad) menyelenggarakan Seleksi Masuk Program Sarjana S1 Jalur Prestasi di bidang Sains, Olahraga dan Seni yang dikhususkan untuk siswa lulusan 2023 dan memiliki nilai UTBK SNBT 2023 atau nilai SMUP 2023.

e.      Jalur Mandiri Nilai Ujian (D4)

SMUP Program Sarjana Terapan (D4) dapat diikuti oleh siswa  yang lulus pada pendidikan setingkat Sekolah Menengah Atas di tahun 2021, 2022 dan 2023, dengan tidak harus terdaftar sebelumnya sebagai peserta SNBP ataupun SNBT dan harus memiliki nilai SNBT/ UTBK 2023 atau nilai ujian SMUP 2023.

f.       Jalur Mandiri kelas Internasional

IUP adalah kelas khusus bagi mahasiswa Indonesia untuk mengejar gelar sarjana di program sarjana terpilih dengan metode pembelajaran yang dirancang unik dan sesuai dengan standar internasional. Selama beberapa bulan program belajar di luar negeri di mitra universitas luar negeri, kuliah akan diberikan dalam bahasa Inggris.

Baca Juga