Loading...
world-news

BERITA KAMPUS

6 JALUR SELEKSI MASUK UNIVERSITAS MALANG

Hallo sobat Masuk PTN, UM merupakan perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di bawah pembinaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi yang berkedudukan di Kota Malang dan Kota Blitar Provinsi Jawa Timur. Universitas Negeri Malang mendapatkan akreditasi “A” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada tahun 2020 berdasarkan Surat Keterangan Nomor 187/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/PT/V/2020. Akreditasi tersebut berlaku hingga tanggal 5 Mei 2025. Lalu jurusana apa aja ya yang ada di UM.

a.      Jalur SNBP

Sebelumnya seleksi ini bernama SNMPTN, pada tahun 2023 berganti nama menjadi Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP). Siswa yang mengikuti SNBP 2023, akan mengikuti seleksi tanpa tes dan seleksinya berdasarkan prestasi akademik, non akademik, rapor, dan ketentuan lain sesuai aturan SNBP.

b.      Jalur SNBT

Sebelumnya seleksi ini bernama SBMPTN, pada tahun 2023 berganti nama menjadi Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT). Siswa akan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang materinya juga berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada tahun 2023 nanti, UTBK SNBT hanya menggunakan Tes Potensi Skolastik (TPS).

c.       Jalur Mandiri Prestasi

Jalur Mandiri Prestasi adalah seleksi mahasiswa baru yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa SMA, SMK, MA, atau yang sederajat di dalam dan luar negeri (Sekolah Republik Indonesia/SRI) yang memiliki prestasi unggul dalam bidang tertentu.

d.      jalur Mandiri Skor UTBK

Jalur Mandiri dengan menggunakan Skor UTBK adalah seleksi yang dilakukan menggunakan skor UTBK-SNBT dengan syarat yaitu siswa Lulusan SMA/MA/SMK/MAK atau setara (harus mengikuti UTBK-SNBT tahun 2023).

e.      Jalur Mandiri TMBK-UM

Jalur Mandiri Seleksi Tes Masuk Berbasis Komputer Universitas Negeri Malang (TMBK-UM) adalah seleksi yang dilakukan berdasarkan skor tes ujian tulis berbasis komputer yang diselenggarakan oleh UM dengan syarat yaitu siswa Lulusan SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara (tidak harus mengikuti UTBK-SNBT tahun 2023).

f.       Jalur Mandiri Kemitraan

Jalur Mandiri Kemitraan Institusi adalah seleksi yang dilakukan dalam rangka penerimaan mahasiswa baru yang bekerja sama dengan institusi (perusahaan, atau lembaga pemerintah/swasta dalam dan luar negeri) yang bermaksud menjalin kerja sama untuk berkontribusi dalam pengembangan pendidikan di UM. Untuk jalur kemitraan institusi dikenakan UKT dan SPSA.

Baca Juga