Loading...
world-news

MOTIVASI

Tips agar kuliah tidak jadi beban

Hallo teman-teman pejuang PTN dimanapun kalian berada, Untuk kalian beranjak ke dunia perkuliahan udah siapkan apa aja nih, atau kalian masih bingung karena takut menjadi beban pada kalian. Eitss tenang ga usah khawatir yuk ikutin Tips berikut ini agar kuliah kalian tidak menjadi beban buatmu.

a)      Niat

Tips yang pertama kamu harus niat dalam menjalani kuliah. Jangan lupa niatkan kuliahmu karna ingin beribadah melalui menuntut ilmu yang bermanfaat dan menjadi bertambah baik melalui jalan kuliah. Di saat kamu menghubungkan segala sesuatu yang kamu rencanakan dengan Tuhan, maka segala sesuatunya akan dipermudah dan diberi kelancaran.

b)      Jangan salah pilih jurusan

Salah satu cara agar kuliah tidak menjadi beban adalah dengan tidak salah memilih jurusan. Seberat apa masalah yang akan timbul apabila kamu berada di tempat yang salah saat kuliah. Bayangkan kamu menghabiskan waktu selama 3 hingga 4 tahun belajar bidang studi yang sebenarnya tidak kamu minati.

c)      Tetapkan target dan jurusan

Tujuan penetapan target adalah agar kamu selalu mengingat tujuan akhir kamu dan mempersiapkan rencana pencapaiannya. Namun jangan malah menambah target pencapaian tujuan tersebut malah membebani diri kamu. Tantangan dan rintangan selalu akan ada. Jangan khawatir apabila target kamu tidak tercapai karena semua itu adalah bagian dari proses pembelajaran kehidupan Anda yang masih teramat panjang.

d)      Tumbuhkan motivasi

Yanng bisa kamu lakukan agar kuliah tidak menjadi beban adalah dengan menumbuhkan motivasi dalam diri. Cara menumbuhkan motivasi dalam diri yaitu dengan Perbanyak membaca kisah sukses pengusaha, karyawan, dosen atau profesi lainnya. kamu akan termotivasi untuk dapat seperti mereka apapun profesi yang akan kamu pilih kelak.

e)      Jadi diri sendiri

Meski kamu memiliki role model, tetapi bukan berarti kamu harus memiliki nasib dan jalan yang sama seperti mereka. Yang harus kamu tiru adalah semangat mereka. Kegigihan mereka dalam mencapai cita-cita. Hal-hal tersebut dapat kamu tiru dalam mencapai tujuan dan cita-cita Anda meski di bidang yang berbeda.

f)       Kembangkan diri

Kamu bisa melakukan banyak hal untuk pengembangan diri. Mengisi waktu melalui kegiatan yang bermanfaat dapat menjadi cara agar kuliah tidak menjadi beban. Kegiatan ini efektif selain untuk mengembangkan networking yang dapat berguna saat Anda bekerja atau berusaha kelak. Misalnya dengan mengikuti organisasi.

Baca Juga