Loading...
world-news

TIPS BELAJAR

TIPS PENTING UNTUK MAHASISWA BARU

Ketika kamu sudah menjadi seorang mahasiswa tentunya akan banyak hal yang akan kamu hadapi. Maka dari itu, kamu harus mengetahui apa-apa saja yang perlu disiapkan sebagai seorang mahasiswa, agar nantinya tidak mengalami culture shock. Nah, berikut ini tips penting untuk kamu mahasiswa baru.

a)      PERHATIKAN SILABUS

a)Biasanya maba tidak memperhatikan silabus dengan baik. Padahal silabus merupakan hal penting yang harus dipelajari oleh mahasiswa. Misalnya seperti apa saja yang harus dibahas pada setiap pertemuan, kisi-kisi ujian, presentase pembagian nilai, dan sebagainya.TIDAK MEMILIKI TEMAN SUPORTIF

Jika kamu memilih teman yang suportif, kamu bisa sharing tentang kendala apa saja seputar kuliah. Namun jika kamu tidak memiliki teman yang supportif, maka beban kuliahmu akan sepenuhnya kamu tanggung sendiri.

b)      JANGAN MALU BERTANYA

b)Saat menjadi maba, kamu pasti akan banyak hal yang belum kamu ketahui dan kamu pertanyakan. Untuk itu jangan pernah malu untuk menanyakan apa saja yang ingin kamu tanyakan dan ingin kamu ketahui. Tidak perlu malu untuk bertanya.

BELAJAR BERSAMA TEMAN

Agar wawasan kalian luas, tidak ada salahnya jika kamu memperluas wawasan dengan belajar bersama teman mu di kampus. Misalnya ketika kamu mendapat materi yang sulit untuk dipahami di kelas, coba kamu ajak teman-temanmu untuk belajar bersama sambil berdiskusi.

c)      PERBANYAK WAWASAN TERKAIT JURUSAN KULIAH

c)Di tahun pertama kuliah, biasanya materi yang akan kamu pelajari tidak akan sekompleks materi di tahun berikutnya. Kamu bisa memperluas wawasanmu dengan banyak membaca buku atau menonton video-video pembelajaran yang terdapat di internet.

d)      BERGABUNG DALAM ORGANISASI

Akan ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan bergabung dalam sebuah organisasi. Di antaranya  memperluas networking  atau relasi, mendapatkan pengalaman baru, hingga mengasah hardskill dan softskill yang tidak kamu dapatkan di dalam ruang kelas.

Baca Juga