Loading...
world-news

TIPS BELAJAR

TIPS MENDAPATKAN NILAI BAGUS DI SEKOLAH

Gimana nih kalian udah puas dengan hasil ujian kalian terutama untuk kelas 12 yang telah menyelesaikan Ujian Akhir Semester. Atau masih ada yang belum puas dengan nilai sendiri yuk ikutin Tips berikut ini agar nilai kalian memuaskan.

a.      Berani aktif di kelas

Siswa yang pasif memiliki lebih sedikit kesempatan untuk berpartisipasi di kelas karena mereka dengan cepat kalah dari siswa yang aktif. Jadi, jika Anda termasuk siswa yang pasif, Anda memerlukan strategi dan keberanian untuk mencoba aktif di kelas. Misalnya dengan mencatat pertanyaan sebelum bertanya, memahami penjelasan guru sehingga bisa menjawab pertanyaannya, dan lain sebagainya. Bagi siswa yang sudah aktif, kamu perlu mempertahankannya.

b.      Memperhatikan guru yang sedang mengajar di kelas

Memperhatikan guru saat mengajar di kelas adalah hal ini penting agar kamu bisa menguasai materi dengan baik dan memudahkan proses belajarmu saat di rumah. Sehingga saat ujian nanti kamu tidak perlu berpikir keras untuk menghafal semua materi karena kamu sudah tahu mana saja poin-poin pentingnya. Jangan lupa untuk mencatat juga agar kamu bisa review ulang materi yang diajarkan oleh gurumu.

c.       Belajar dengan tekun sebelum ujian

Jika kamu merasa kurang nilai keaktifan saat di kelas, maka kamu harus membalasnya saat ujian agar bisa mendapatkan nilai yang bagus. Oleh karena itu, kamu perlu belajar dengan tekun dan bersungguh-sungguh agar dapat mengerjakan ujian dengan lancar. Dengan begitu kamu akan mendapatkan nilai yang maksimal dan tidak akan mengikuti remidial.

d.      Mengerjakan tugas dengan maksimal

Selain ujian, nilai tugas juga tidak kalah pentingnya. Kamu harus mengerjakan tugas dengan maksimal agar mendapat nilai yang bagus. Nilai tugas tentu berpengaruh pada akumulasi nilai akhir. Jadi usahakan untuk selalu mnegerjakan tugas dengan tepat dan jangan menunda-nunda yaa.

e.      Selalu hadir di kelas dan tidak pernah bolos

Kamu juga perlu menjaga nama baik diri sendiri agar terhindar dari hal buruk yang membuat guru menjadi keberatan untuk memberimu nilai yang baik. Hal ini juga berkaitan dengan nilai kesopanan saat di sekolah. Selain itu, poin kehadiran di kelas juga mempengaruhi nilai akhir, jadi kamu tidak boleh bolos dan harus izin apabila berhalangan hadir.

Baca Juga