Loading...
world-news

TIPS BELAJAR

TIPS SUPAYA HASIL BELAJAR KAMU MENJADI MAKSIMAL

Kalian sudah mempraktekkan belum nih cara berikut ini di aktivitas saat kalian belajar, bagi kalian yang belum mencoba cara ini segera dicoba agar kalian belajarnya maksimal. Apa saja kira-kira tips nya simak berikut ini :

a)    tentukan waktu belajar
Menentukan waktu belajar menjadi suatu hal yang penting agar belajar lenih efektif. Untuk kebanyakan orang, belajar di pagi hari adalah waktu belajar yang nyaman dan mudah untuk memahami pelajaran. Belajar di jam 3-4 pagi akan membuat kalian mudah dalam memahami pelajaran, bahkan pelajaran yang kalian anggap sangat sulit.
b)    konsisten belajar
Sebenarnya dalam belajar itu tidak perlu ber jam-jam loh, malahan kamu akan merasa bosan. Belajar -2 jam setiap hari saja sudah cukup. Yang diperlukan adalah konsistensi dalam belajar. Daripada kamu belajar berjam-jam Ketika akan ujian, lebih baik kamu belajar setiap hari meskipun hanya 1 jam saja.
c)    Bertanya jika kesulitan
Tidak mungkin kita selalu tahu setiap apa yang kita pelajari, pasti ada yang tidak kita ketahui dan kita anggap sulit. Maka dari itu tanyakan apa saja hal sulit tersebut kepada gurumu, pasti guru akan menjawabnya dengan senang hati. Seperti pepatah “Malu bertanya sesat di jalan”.
d)    Belajar kelompok
Kalau kamu kesulitan ketika belajar sendirian, kamu bisa mengadakan belajar kelompok bersama temanmu. Kamu bisa mengajak temanmu yang pintar untuk bergabung. Dengan begitu, jika kalian ada kesulitan, kalian bisa saling membantu untuk menyelesaikannya.
e)    Kurangi begadang
Banyak penelitian yang menunjukkan beberapa bahaya begadang bagi kesehatan maupun pikiran kita. Salah satunya yaitu sulit untuk berkonsentrasi dan mengingat sesuatu. Tentu saja ini akan mengahambat kamu dalam belajar. Karena dalam belajar dibutuhkan konsentrasi yang baik.
f)    Manfaatkan teknologi
Gunakanlah internet untuk belajar karena di era modern seperti ini sangat mudah belajar melalui internet. kamu bisa melihat tutor-tutor di YouTube secara gratis ataupun di kelas-kelas online yang berbayar. Banyak sekali video pembelajaran di internet yang bisa menjadi alternatif belajarmu.

Baca Juga