Loading...
world-news

GENERAL

TIPE KECERDASAN PADA MANUSIA

Kecerdasan setiap orang memang berbeda-beda dan akan sangat sulit mengetahui kecerdasan seseorang jika hanya dilihat dari keperibadian atau hanya dari kasat mata saja. Namun, menurut Howard Gardner yang merupakan seorang psikologi dari Amerika menyebut bahwa ada 8 tipe kecerdasan manusia.

-         Linguistik

Linguistik merupakan kecerdasan yang berhubungan dengan cepatnya seseorang untuk menguasai suatu Bahasa dan mampu mengungkapkan pendapat dengan baik dengan tidak menyinggung orang lain. Contohnya: seorang penulis, penerjemah bahasa, dan jurnalis.

-         Logika – Matematika

Seorang dengan kecerdasan ini adalah orang yang dapat dengan cepat untuk menghitung angka dan menyelesaikan masalah secara rasional dan logis. Contohnya: seorang akutansi, ilmuan, dan analis

keuangan.

-         Visual – Spasial

Visual - Spasial adalah seorang yang dapat berpikir dengan sangat baik ketika menggambar suatu objek atau ruang serta membuatnya kedalam bentuk nyata. Contohnya: seorang arsitek, fotografer, dan pelukis.

-         Musikal

Kemampuan seseorang dengan tipe ini sangat berhubungan dengan bidang musik, misalnya jika memiliki kepekaan terhadap nada dan ritme music dan mampu menciptakan komposisi musik. Contohnya: seorang penyanyi, komposer, dan pianis.

-         Kinestetik

Tipe kinestetik adalah orang yang mampu untuk membuat posisi setiap anggota tubuh dengan lentur dan baik disebut juga sebagai kemampuan kinestetik. Contohnya: seorang atlet, penari, dan instruktur senam.

-         Natiralis

Naturalis adalah kemampuan orang yang mampu mengenali berbagai spesies tumbuhan atau spesies hewan dan peduli akan pemeliharaan satwa serta alam. Contohnya: seorang pelestarian alam dan pencinta binatang.

-         Interpersonal

Orang dengan kemampuan interpersonal adalah orang yang mampu berkomunikasi dengan baik dengan orang lain dan dapat dengan baik jika berkerjasama dengan orang lain. Contohnya: seorang sales dan diplomat.

-         Intrapersonal

Tipe Interpersonal memiliki kemampuan yang baik dalam memahami kepribadian seseorang, termasuk juga kekuatan seseorang dalam menjalankan kehidupannya, kelemahanya dan kondisi emosi diri orang tersebut dan kemampuan tersebut disebut dengan intrapersonal. Contohnya: seorang konselor dan psikolog.

Baca Juga