Loading...
world-news

BERITA KAMPUS

5 JALUR MASUK UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Hay pejuang PTN dan sobat setia MASUK PTN dimana pun kalian berada,   yang ingin masuk di UB mana suaranya nih. Jika kalian ingin masuk di UB kalian wajib tau mengenai hal ini nih 5 jalur seleksi untuk masuk di UB apa aja nih jalurnya.

-         Jalur SNBP

Sebelumnya seleksi ini bernama SNMPTN, pada tahun 2023 berganti nama menjadi Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP). Siswa yang mengikuti SNBP 2023, akan mengikuti seleksi tanpa tes dan seleksinya berdasarkan prestasi akademik, non akademik, rapor, dan ketentuan lain sesuai aturan SNBP.

-         Jalur SNBT

Sebelumnya seleksi ini bernama SBMPTN, pada tahun 2023 berganti nama menjadi Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT). Siswa akan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang materinya juga berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada tahun 2023 nanti, UTBK SNBT hanya menggunakan Tes Potensi Skolastik (TPS).

-         Jalur SMUB

Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya (SMUB) ini merupakan seleksi masuk yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Brawijaya berdasarkan nilai rapor serta prestasi akademik dan non akademik sesuai ketentuan.

-         Jalur SAP S1

Seleksi Alih Program (SAP) adalah jenis seleksi masuk Universitas Brawijaya untuk calon pendaftar yang sudah menempuh jenjang pendidikan Diploma dan akan melanjutkan ke program Sarjana yang sesuai dengan bidang ilmunya. Berikut adalah progam studi sarjana yang membuka Seleksi Alih Program :

a)      Sarjana Gizi

b)      Keperawatan

c)      Fakultas Ilmu Komputer

d)      Fakultas Hukum

-         Jalur SNMPD

Seleksi Mandiri Penyandang Disabilitas (SMPD) adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru Universitas Brawijaya (UB) yang diperuntukkan bagi penyandang disabilitas. Panitia SMPD melakukan rangkaian seleksi  terhadap calon mahasiswa penyandang disabilitas yang memiliki kapabilitas sesuai dengan jurusan yang dipilih.

Baca Juga