Loading...
world-news

TIPS BELAJAR

Trik Persiapan Kuliah Double Degree

Hallo teman-teman Pejuang PTN

Bagaimana kabar kalian? Baik dong tentunya. Btw, siapa nih yang mau ambil kuliah dengan double degree apakah kalian bingung apa aja yang harus dipersiapkan. Yuk ikutin trik berikut ini

a.       Persiapkan kemamapuan berbahasa Inggris

Bahasa Inggris penting dalam program double degree karena digunakan di luar negeri dan sebagai bahasa pengantar skripsi. Persiapkan kemampuan berbahasa Inggris melalui TOEFL atau IELTS, tapi jika di Indonesia, tidak terlalu dibutuhkan.

b.       Mencari beasiswa

Agar beban biaya kuliah double degree dapat terkurangi, disarankan mencari beasiswa. Banyak perguruan tinggi yang menyediakan beasiswa khusus untuk mahasiswa double degree. Selain itu, Anda dapat mengajukan proposal bantuan dana ke rektorat, kopertis, atau DIKTI. Dengan mendapatkan beasiswa atau bantuan dana, kuliah double degree menjadi lebih terjangkau dan dapat diwujudkan.

c.        Mempersiapkan dana tambahaan

Walaupun sudah mendapatkan beasiswa, persiapan dana tetap harus dilakukan selama kuliah dengan program double degree di luar negeri. Dana tersebut digunakan untuk biaya kuliah dan kehidupan sehari-hari selama pendidikan double degree di luar negeri.

d.       Mempersiapkan diri

Untuk program double degree, mahasiswa harus menyelesaikan studi sebanyak 60-80 SKS. Namun, banyak mahasiswa yang kesulitan menuntaskan studi tersebut. Sebelum memulai kuliah double degree, mahasiswa diuji melalui serangkaian tes di Universitas, termasuk tes wawancara untuk calon mahasiswa double degree.

e.       Mempelaajari kegiatan

Salah satu persiapan penting adalah memahami kebiasaan dan lingkungan tempat tinggal selama mengikuti kuliah program double degree. Anda akan dihadapkan pada tantangan beradaptasi dengan iklim akademis dan cara bersosialisasi di tempat baru. Hal ini diperlukan karena Anda akan bertemu dengan berbagai teman dari negara lain.

Baca Juga