Loading...
world-news

TIPS BELAJAR

Yuk Ketahui Tips Memilih Organisasi di Kampus untuk Kamu Mahasiswa Baru!

Bagi mahasiswa baru, dunia perkuliahan adalah saat yang penuh potensi dan peluang, termasuk peluang untuk bergabung dalam organisasi kemahasiswaan. Namun, dengan begitu banyak pilihan yang tersedia, bagaimana Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan minat dan tujuan Anda? Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips penting untuk membantu mahasiswa baru dalam memilih organisasi kemahasiswaan yang tepat.

a.       Ketahui Minat dan Bakat

Sangat penting bagi kamu untuk mengidentifikasi minat dan bakat pribadi. Ini adalah tips pertama yang sebaiknya kamu perhatikan, karena dengan mengetahui minat dan bakatnya, kamu dapat bergabung dengan organisasi yang sesuai. Misalnya, jika kamu memiliki bakat di bidang seni peran, kamu bisa bergabung dengan organisasi Teater di kampus.

b.       Cari Tau Seputar Organisasi

Hal ini juga memiliki kepentingan yang sama, yakni setelah kamu menemukan organisasi yang cocok, penting bagimu untuk memahami bagaimana organisasi tersebut beroperasi dan profilnya. Ini akan membantumu dalam membuat pilihan yang tepat dan menghindari kemungkinan masuk ke organisasi yang tidak sesuai dengan harapan atau tujuan.

c.       Berkomitmen Pada Diri Sendiri

Setelah mendaftar, pastikan bahwa kamu telah siap sepenuhnya untuk berkomitmen dalam menjalankan tugas dan peran yang diberikan oleh organisasi tersebut. Menjalankan komitmen ini sangat penting agar kamu tetap teguh dan tidak mudah terpengaruh, serta menghindari pergantian organisasi yang berulang-ulang.

d.       Memberi Kesan Positif

Kesan positif dapat kamu bangun dengan berperilaku baik selama berkegiatan di dalam organisasi atau meraih prestasi-prestasi tertentu. Saat kesan yang baik ini terbentuk, bukan hanya reputasi organisasi yang meningkat, tetapi kamu  juga menjadi contoh teladan bagi anggota lain di dalam organisasi.

Baca Juga