Loading...
world-news

SEPUTAR KULIAH

JURUSAN KULIAH TERMAHAL DI INDONESIA

Hallo Pejuang PTN bagaimana kabar kalian? tetap semangat dong pastinya untuk mengejar PTN impian kalian. Namun berbagai kampus dan jurusan ada yang mahal ada pun yang tidak. Tapi kali ini kita akan akan spill jurusan paling mahal di Indonesia apa aja ya kira-kira?

a.      Kedokteran

Tidak diragukan lagi, biaya jurusan ini luar biasa karena banyak kebutuhan selama kuliah. Secara umum, biaya kuliah ahli medis di perguruan tinggi yang berbeda adalah sama dan bisa mencapai ratusan juta. Misalnya, SIMAK jurusan Kedokteran UI di jalur UI memiliki UKT tertinggi kurang lebih Rp 20 juta.

b.      Penerbangan

Jurusan penerbangan juga merupakan salah satu perguruan tinggi termahal, karena biayanya bisa mencapai 800 juta rubel. Tingginya biaya departemen penerbangan berasal dari risiko yang terkait dengan fasilitas dan infrastruktur pelatihan seperti laboratorium CNC, manajemen ahli.

c.       Teknik

Jurusan Teknik tidak lebih buruk dari yang sebelumnya, yang harganya bisa sangat mahal. Namun, biaya jurusan teknologi ini bervariasi dari universitas ke universitas. Di beberapa perguruan tinggi negeri (PTN), khususnya perguruan tinggi yang berbadan hukum (PTN-BH), mahasiswa teknik harus membayar biaya kuliah dan biaya semester. Sebagai contoh, PTN di ITB memiliki UKT tertinggi untuk teknik kurang lebih Rp 12,5 juta per semester.

d.      Desain Komunikasi Visual

Desain Komunikasi Visual (VCD) tidak  semahal sekolah kedokteran. Namun, karena jurusan seni ini membutuhkan berbagai magang dari mahasiswa, tentu saja biayanya mahal. Jika siswa tidak mengerjakan tugas praktiknya, nilainya dikompromikan.

e.      Seni

Mengapa mata pelajaran seni tergolong  biaya kuliah yang mahal? Ini karena  jurusan seni memiliki rasio praktis dan teori  70:30. Dengan demikian, siswa seni menghabiskan banyak uang untuk tugas-tugas praktis.

f.       Broadcassting

Jurusan Broadcasting mempelajari yang berkaitan dengan teknologi seperti laptop, kamera, alat editing, dll. Oleh karena itu, mahasiswa jurusan ini harus menabung untuk keperluan praktikum dan tugas lainnya nanti.

Baca Juga