Loading...
world-news

BERITA KAMPUS

KISAH INSPIRATIF, MAHASISWA UNESA YANG DITERIMA 4 KAMPUS DI DUNIA

#KisahInspiratif

Ahmad Abdullah Zawawi, lulusan S1 Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Universitas Negeri Surabaya (UNESA) berhasil meraih cita-citanya dengan diterima S2 di 4 kampus dunia dengan beasiswa LPDP.

Ahmad lahir di keluarga miskin. Kondisi ini tidak membuatnya merasa minder atau putus asa. Hal inilah yang menjadi cambuk semangatnya untuk terus belajar dan aktif mengembangkan dirinya di dalam dan di luar kampus.

Setelah lulus dari SMK Negeri 1 Surabaya, Ahmad berencana untuk segera mencari kerja karena kondisi keuangan orang tuanya. Ibunya juga tidak mengizinkannya kuliah karena kesulitan keuangan. Di tengah tekanan pilihan dan tuntutan itu,  hati kecil Ahmad menyemai keinginan untuk kuliah. Hingga akhirnya ia meyakinkan orang tuanya dan direstui untuk kuliah di UNESA melalui beasiswa Bidikmisi.

Ternyata kenyataan tidak semanis yang diharapkan, Ahmad tidak bisa masuk jalur bidikmis karena kesalahan registrasi. Ia pun memutuskan untuk mendaftar  jalur SNMPTN dengan biaya sendiri dan diterima di program studi S1 Manajemen Pendidikan UNESA.

Ahmad mencari cara agar bisa membayar kuliah setiap semester. Dia pun bekerja part time di salah satu department store Surabaya. Meskipun Ahmad kuliah sambil bekerja, dia tetap mencapai hal-hal hebat baik secara akademis maupun non-akademis. Ia pernah dua kali menjadi mahasiswa berprestasi atau mawapres FIP dan dua kali menjadi finalis mawapres tingkat universitas.

Selain itu, ia mengikuti lomba debat sebanyak 15 kali berturut-turut. Bahkan, program yang dibuatnya melebihi dua kali dana Kementerian. Ia juga aktif mengembangkan diri dalam berorganisasi dan pernah menjadi direktur Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan Ketua BEM fakultas.

Prestasi demi prestasi tersebut merupakan langkah kecilnya untuk mewujudkan cita-cita besarnya selama ini, yaitu bisa studi S2 di luar negeri. Karena itulah, setelah lulus di UNESA, pria yang merupakan Chief Executive Officer (CEO) Inclupedia ini langsung mempersiapkan diri untuk apply beasiswa LPDP.

Wah keren banget ya kisahnya kak Ahmad, semoga bermanfaat 😉

Baca Juga