Loading...
world-news

BERITA KAMPUS

5 Kampus Tertua Di Dunia, Salah Satunya Berasal Dari Indonesia Lho!

Dalam dunia pendidikan tinggi, keberadaan kampus-kampus tertua menjadi bagian berharga dari sejarah akademis. Seiring berjalannya waktu, berbagai institusi pendidikan di berbagai belahan dunia muncul sebagai saksi bisu perkembangan ilmu pengetahuan. Tak terkecuali Indonesia, yang memiliki peran penting dalam panorama universitas tertua di dunia. Artikel ini akan membahas beberapa kampus tertua di dunia, dengan salah satunya berasal dari Indonesia. Simak artikel berikut ini.

a.    The University of Santo Tomas

Universitas Santo Tomas (UST) adalah universitas tertua di Asia. Pada 24 Juli 1605, Uskup Miguel de Benavides, O.P, yang merupakan Uskup Agung Manila ketiga yang mendirikan UST. UST secara resmi berdiri pada 28 April 1611. Awalnya, UST disebut sebagai Colegio de Nuestra Señora del Santisimo Rosario, dan kemudian diubah menjadi Colegio de Santo Tomás.

b.    Serampore College India

Sebagai lembaga pendidikan barat tertua di India, kampus ini menjadi kampus paling bersejarah di India dan merupakan kenangan hidup bagi William Carey, Joshua Marshman, dan William Ward. Mereka mendirikan perguruan tinggi tersebut pada tahun 1818 untuk memberikan pelatihan kepada orang Kristen India agar dapat membentuk Gereja yang benar-benar asli.

c.     Dhaka College

Dhaka College adalah salah satu institusi pendidikan tinggi terpenting dan tertua di Bangladesh, didirikan pada tahun 1841 di Dhaka oleh James Taylor Wise pada tahun 1835 sebagai English Seminary School (sekarang Dhaka Collegiate School). Struktur ini selesai pada tahun 1846 dengan dukungan dari Uskup Calcutta.

d.    Universitas Indonesia

Didirikan pada 1849 Universitas Indonesia menjadi yang tertua di Indonesia. Pada 1849, pemerintah kolonial Belanda mendirikan sekolah ilmu kesehatan. Pada Januari 1851, dinamakan resmi Dokter-Djawa. Sekolah ini khusus dalam ilmu kedokteran, terutama pendidikan bidan. Nama berubah menjadi Opleiding van Indische Artsen pada 1898 dan menjadi institusi terbaik untuk calon dokter di Indonesia selama 75 tahun sebelum ditutup pada 1927.

e.    Keio University

Keio University didirikan oleh Yukichi Fukuzawa pada 1858, awalnya sebagai sekolah Belanda di Edo (kini Tokyo). Fokus sekolah bergeser menjadi tempat belajar bahasa Inggris pada 1863. Nama Keio muncul pada 1868 setelah perpindahan keempatnya, dan kini dianggap sebagai universitas swasta paling prestisius di Jepang. Keio University juga mengelola Keio Academy of New York, sebuah sekolah menengah di Amerika Serikat.

Baca Juga