Loading...
world-news

BERITA KAMPUS

5 KAMPUS DENGAN PRODI KEDOKTERAN FORENSIK

Hallo teman-teman pejuang PTN dimanapun kalian berada, siapa sih ga ingin masuk di jurusan kedokteran tentunya banyak peminatnya dari jurusan ini. Utuk kalian ingin mengambil jurusan kedokteran yang mana nih karena atau kalian ingin ambil jurusan Kedokteran Forensik tapi kalian ragu dan takut gagal, tenang ada beberapa kampus yang memiliki jurusan Kedokteran Forensik nih kira-kira kampus mana aja ya berikut adalah kampusnya:


a.      universitas Gadjah Mada

UGM, salah satu universitas terbaik di Indonesia, menawarkan program studi kedokteran forensik. FKKMK UGM adalah tempat Program Studi Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal berada. Mereka menerapkan nilai-nilai Pancasila dan mengutamakan integritas, keadilan, transparansi, dan kerjasama. UGM telah meluluskan 180 alumni spesialis kedokteran forensik dan medikolegal yang praktik di seluruh Indonesia.

b.      Universitas Islam Indonesia

Departemen Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal di Universitas Islam Indonesia (UII) merupakan bagian dari jurusan kedokteran. Fokus departemen ini adalah penerapan ilmu kedokteran dalam mengelola masalah kesehatan, terutama dalam konteks forensik dan medikolegal. Pada 4 Oktober 2017, UII bekerja sama dengan RS Bhayangkara Polda DIY untuk pengembangan infrastruktur kesehatan yang kompetitif.

c.       Universitas Airlangga

Sejak tahun 2010, Universitas Airlangga (Unair) telah menyelenggarakan program studi kedokteran forensik. Program Kedokteran Forensik dan Medikolegal di Universitas Airlangga juga melibatkan proses pendidikan yang meliputi partisipasi dalam olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) jika diminta oleh kepolisian atau penyidik dari instansi lain.

d.      Universitas Diponegoro

Program Kedokteran Forensik dan Medikolegal tersedia di Universitas Diponegoro. Visi dan misi program ini adalah menjadi pusat pendidikan spesialis yang unggul dalam riset etik dan medikolegal, serta menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional. Durasi program ini adalah 3 tahun 6 bulan dengan total 90 SKS. Lulusan akan mendapatkan gelar Spesialis Forensik dan Medikolegal (Sp.FM).

e.      Universitas Diponegoro

Pada bulan Agustus 1964, Program Ilmu Kedokteran Forensik didirikan oleh Rektor Universitas Andalas, Drs. Harun Zain, dan Dekan Fakultas Kedokteran, Dr. Soelaiman Sastrawinata. Program Kedokteran Forensik ini telah melaksanakan berbagai kegiatan pengabdian masyarakat, termasuk pelatihan penulisan Visum et Repertum untuk dokter di Puskesmas Kodya Padang dan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Saat ini, Universitas Andalas memiliki empat staf pengajar yang bertugas di bagian Ilmu Kedokteran Forensik.

Baca Juga